10 Days Adventure 2016, Tantangan Alam Liar Sumatera

Motorplus - Rabu, 31 Agustus 2016 | 11:00 WIB

Sebanyak 21 peserta, dua mekanik dan dua sweeper yang terbagi dalam dua tim akan berjibaku dalam medan offroad Sumatera sepanjang lebih dari 1.500 km yang terkenal sangat menantang. Di gelaran 10 Days Adventure 2016 peserta dituntut untuk memiliki kepekaan dan mental tinggi terhadap jalur offroad dan arah lintasan serta kerjasama tim yang baik mengingat hampir seluruh lintasan hanya dipandu oleh sistem navigasi GPS. 

Jalur 10 Days Adventure 2016 hanya sebagian kecil yang akan dipandu oleh leader lokal. Disiplin waktu menjadi kunci keberhasilan peserta melewati rintangan karena jalur offroad Sumatera masih banyak didiami oleh beberapa hewan liar seperti beruang dan macan. Sehingga tradisi perjalanan offroad malam yang sebelumnya sering dilakukan harus ditiadakan demi alasan keamanan.  

Demikian pula dengan kesiapan motor yang menjadi kunci suksesnya perjalanan offroad kali ini. Kondisi lintasan yang jauh dari daerah perkotaan menuntut motor peserta berada dalam performa yang prima. Peserta juga diwajibkan membawa perlengkapan serta suku cadang motor sendiri karena minimnya outlet penyedia suku cadang. Bahkan peserta juga disarankan untuk menguasai beberapa teknik dasar penanganan kerusakan ringan sehingga tidak selalu mengandalkan mekanik di jalur.  Lintasan offroad Sumatera yang ganas akan menjadi cobaan berat bagi para peserta selama 10 hari.

Peserta berasal dari berbagai daerah diantaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Jawa Tengah. Beberapa diantaranya merupakan peserta baru yang akan turun dalam penjelajahan panjang ini. Selama 10 hari selain menempuh jalur offroad peserta juga akan berhelat ke beberapa komunitas offroad yang ada di sepanjang jalur lintasan. Suguhan keindahan alam dan budaya yang berbeda dengan Pulau Jawa menjadi daya tarik event yang diselenggarakan oleh komunitas penggiat offroad roda dua di Jakarta ini.

Para offroader roda dua akan merasakan langsung bagaimana serunya menyatu dengan alam dan masyarakat karena minimnya sarana akomodasi yang memadai sepanjang jalur offroad. Pengalaman adventure kali ini sepertinya akan terasa lebih kental tanpa menghilangkan unsur “Fun dan Happy” seperti kegiatan sebelumnya.

Bukittinggi dipilih menjadi kota tujuan finish karena pesona keindahannya serta nilai historisnya. Beberapa daerah yang akan dilalui dalam event kali ini diantaranya adalah Bandar Lampung, Merangin, Jambi, Palembang, Payakumbuh dan direncanakan finish di Jam Gadang, sebagai icon kota Bukittinggi pada tanggal 26 September 2016. Peserta akan menginap selama dua malam di Bukittinggi untuk menikmati wisata kuliner & lokasi wisata diantaranya Kelok 9, Danau Singkarak, Bukit Harau dll.

Mengikuti perjalanan offroad panjang selama 10 hari memang bukan hal mudah. Selain kemampuan berkendara diperlukan pula ketangguhan mental menghadapi kondisi yang berbeda dengan jalur offroad di pulau Jawa. Selamat menjelajah. Bravo 10 Days Adventure 2016! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.