Modif Mesin Yamaha Nouvo Punya Peraih Medali Olimpiade

Motorplus - Rabu, 24 Agustus 2016 | 18:34 WIB

Sony Dwi Kuncoro pebulu tangkis nasional bikin Yamaha Nouvo untuk drag bike. Motor ini juga sering naik podium. Buat yang penasaran, nih modif mesin Yamaha Nouvo punya peraih medali Olimpiade. Di bagian silinder, hanya dijejali piston NPP buat Honda Mega Pro yang punya diameter 64 mm (oversize 50). Bila dikombinasi dengan stroke standar (57,9 mm), terhitung kapasitas mesin jadi 186,17 cc.

Oh iya, tinggi dome piston NPP ini dipatok sekitar 4 mm untuk kejar kompresi tinggi. Posisi pemasangannya diset mendem 0,5 mm dari bibir liner saat berada di TMA. Dengan setingan tersebut, rasio kompresi ikut meningkat tinggi dibandingkan kondisi standarnya. 

Untuk mengimbangi volume silinder yang sudah bengkak, klep diganti yang berpayung lebar keluaran SPS. Ukurannya 33 mm di bagian in dan 28 mm untuk ex-nya. Tentu tak ketinggalan saluran masuk dan buang ikut digedein dengan hitungan khusus. Dilanjutkan durasi kem dibikin kembar antara in dan ex, dengan lama buka-tutup 270° derajat.

Rinciannya, kem isap membuka 30° sebelum TMB (Titik Mati Bawah) dan menutup di 60° setelah TMA (Titik Mati Atas). “Kalau kem buangnya dimainkan di angka sebaliknya. Membuka di 60° sebelum TMB dan menutup di 30° setelah TMA,” beber Deny, mekanik WPS Rov’s Speed di kawasan Penjaringan Timur 1C, Surabaya sembari kasih tau LSA-nya diset 102° agar power mesin lebih ngejambak di putaran tengah ke atas. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.