Penyebab Bunyi Kasar CVT

Motorplus - Sabtu, 3 September 2016 | 16:10 WIB

Sobat usah bingung tujuh keliling ketika mendengar bunyi kasar di bagian CVT motor kesayangan. Apalagi sampe lari keliling lapangan. Lapangan bola pula! Capek Bor. Penyebab bunyi kasar di bagian CVT, salah satunya bisa disebabkan dari Face Set Moveable Driven yang oblak. Tak sedikit dari bengkel yang menyebut part ini sebagai Secondary sliding Sheave.

"Ketika part yang berfungsi untuk mendorong per CVT agar belt turun ini aus atau oblak, maka kerja sliding sheave menjadi tidak mulus dan perputarannya berbenturan dengan pasangannya. Kalau kita biasanya sebut ceweknya aus dan oblak kena part yang cowok. Ini dia salah satu penyebab bunyi kasar CVT," ujar Anggi yang mekanik R-59 Matic Shop di Jl. Dewi Sartika No. 32, Ciputat, Tangerang Selatan.

Selain bunyi, ada gejala juga yang ditimbulkan oleh keausan part tersebut. Ketika motor ingin bergerak, ada hentakan-hentakan kecil. Macam kampas kopling enggak mau menempel ke mangkok kopling. "Itu karena oblak, jadi muternya enggak merata atau mulus," sebut pria asli Betawi ini.

Jika part ini aus, maka sobat kudu ganti baru. Seperti Face Set Moveable Driven milik Honda Scoopy, di bengkel resmi dijual Rp 170 ribuan. "Jangan kelamaan dibiarkan, takutnya merembet ke bagian yang cowok-nya. Bisa lebih banyak lagi uang yang dikeluarkan kan. Apalagi kalau sampai nanti grease dari sliding sheave ini keluar dan mengenai kampas. Pastinya bisa slip," wanti Anggi yang selalu bertopi.

Nah, jadi tahu dong penyebab bunyi kasar CVT. Ini dia salah satunya. Begituhhhh Borrr..!!! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular