Beda Spek Rem MotoGP Untuk Balap Kering Dan Hujan

Motorplus - Minggu, 4 September 2016 | 05:27 WIB


Event balap tahun 2016 ini beberapa kali diguyur hujan deras. Namun, tahukah sobat EM-Plus kalau ada perbedaan spek rem MotoGP untuk balapan kering dan hujan?

Saat kering MotoGP menggunakan cakram yang terbuat dari bahan karbon berukuran 340 mm. Penggunaan karbon dipilih karena mampu menahan panas hingga 800 derajat celcius untuk menghentikan motor dari kecepatan lebih dari 300 km/jam. Bandingkan dengan panas dari cakram motor biasa yang  cuma bisa tahan disuhu kerja 400 derajat celcius.

Namun, cakram karbon tidak akan berguna pada kondisi balapan hujan. Sebab cakram karbon harus dipanaskan minimal di angka 200 derajat celcius agar mampu bekerja secara maksimal. Jika tidak, pasti pacuan motor MotoGP seperti tunggangan Valentino Rossi atau Marc Marquez bakal nyelonong jika memaksakan menggunakan cakram karbon jika balapan hujan.

Jika balapan digelar dalam kondisi hujan maka cakram dari baja yang berukuran sama yakni 340 mm bakal digunakan menggantikan peran dari cakram karbon tadi. Pasalnya cakram baja tidak perlu suhu tinggi untuk bekerja maksimal. Selain suhu balapan dalam kondisi hujan bakal lebih rendah, kecepatan dari motor tentu akan lebih rendah ketimbang balapan digelar dalam kondisi kering.

Cakram baja juga digunakan di kelas Moto2 dan Moto3 dalam kondisi balap apapun baik kering maupun basah. Sebab cakram carbon dirasa terlalu mahal dan mubazir jika digunakan di kelas Moto2 dan Moto3. Itulah perbedaan spek rem MotoGP untuk balap kering dan basah. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.