Sil pompa Oli Copot Bisa Rugi Jutaan (Bagian 1)

Motorplus - Selasa, 6 September 2016 | 15:30 WIB

Sobat pembesut Yamaha Scorpio, harus waspada nih jika bongkar bagian mesin, khususnya bagian bak kopling. Sobat harus memperhatikan detail kecil sebelum memasangnya kembali. Sebab banyak kasus, lupa memasang sil alias karet ukuran kecil saja, part-part penting di motor bisa rusak dan bisa rugi jutaan lho!

“Paling sering, mekanik lupa atau tidak tahu kalau sil pompa oli tidak terpasang. Wajar sih, ukurannya memang sekecil ujung jari kelingking orang dewasa. Apalagi, mekanik yang jarang bongkar mesin Scorpio. Tidak tahu kalau karet kecil ini fungsinya sangat besar,” ucap Reki Suhendra, punggawa bengkel L12 yang memang spesialis Scorpio.

Karet pompa oli ini berfungsi untuk menahan pelumas agar bisa didorong oleh pompa oli menuju head silinder. Jika karet tidak terpasang, oli akan kembali ke bak kopling dan tidak bisa dipompa menuju head silinder. Makanya, part-part penting di head silinder seperti noken as, pelatuk noken as dan lain-lain, bisa rusak. Yup, karena tidak ada oli yang melumasi part tadi ketika bekerja. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

TERPOPULER +

Tag Popular