Modif Karburator Yamaha Jupiter Z Setingan Semi Drag

Motorplus - Jumat, 16 September 2016 | 05:30 WIB

Silinder dijejali penggebuk kompresi keluaran Kawahara berdiameter 55,25 mm. Sehingga kapasitas mesin Yamaha Jupiter Z setingan semi drag bersih jadi 129 cc atau 9 cubic inch. Piston ini dikasih tonjolan (dome) setinggi 1,5 mm untuk kail kompresi tinggi.

“Posisi pemasangan piston dibuat mendem 0,5 mm dari bibir liner (paking terpasang). Clearance segitu banyak dipakai di motor drag. Saat diburet, setingan ini bikin rasio kompresi terukur 12,5 : 1,” rinci mekanik andalan tim 13Concept Trimulya HJS ini.

Magnet tetap mengandalkan standar bawaan Jupiter-Z 2007. Namun agar ringan, magnet tersebut dibubut, yang awalnya punya berat 1.000 gram, jadi tinggal 800 gram. Selain itu, CDI dipakai keluaran Rextor tipe Pro Drag, namun koil masih standar dan busi pakai NGK Racing.

Untuk sektor pengabutan bahan bakar, dipercayakan pada Keihin PWK dengan venturi 28 mm. “Main jetnya diseting di angka 115 dan pilot jet 45. Ini agak basah biar lari motor konstan,” tutup pebengkel yang beralamat di Jl. AH Nasution KM 9, No.1 RT1/1 Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat ini. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.