Oplos Bensin Menghilangkan Detergent?

Motorplus - Kamis, 29 September 2016 | 17:00 WIB

Setiap bahan bakar memiliki kandungan detergent yang punya peran khusus. Namun, ada mitos kalau mencampur atau oplos bensin bisa mengilangkan detergent di bahan bakar. Bener gak tuh oplos bensin mengilangkan detergent di bensin?

“Sebenarnya tiap bahan bakar itu sudah memiliki kandungan kimia. Salah satunya detergent yang fungsinya untuk membersihkan kerak dalam ruang bakar,” papar Taqwa Suryoswasono, tunner dari bengkel Garden Speed, dibilangan Cilandak, Jakarta Selatan.

Pria yang akrab dipanggil Taqwa ini juga menambahkan, kalau BBM itu terdiri sedikitnya ada 200 campuran bahan kimia termasuk detergent. “Tiap merek produsen bahan bakar yang membedakan itu campuran bahan kimianya. Jika BBM dicampur, kandungan detergentnya tidak serta merta hilang begitu saja,” ujar Taqwa kepada EM-Plus, saat pelatihan jurnalis teknik.

Jadi kesimpulannya, aman-aman saja melakukan pencampuran BBM. Karena efek detergentnya tidak hilang. Berarti, mitos oplos bensin menghilangkan detergent di bahan bakar itu enggak bener sob! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular