Hasil Lomba ARRC India 600 cc Race Ke-2, Ban Soft Jadi Kuncian di India

Motorplus - Minggu, 2 Oktober 2016 | 17:47 WIB

Hampir semua pembalap terdepan yang tarung di race 2 kelas Supersport 600 cc Asia Road Racing Championship (ARRC) di sirkuit Buddh International, India (02/10) mengaplikasi ban belakang tipe soft. Ban soft jadi kuncian di India untuk menaklukkan sirkuit sepanjang 5,1 km itu.

Hal ini, sesuai prediksi H. A Yudhistira yang kemarin di race 1 podium tiga dengan ban soft. "Pastinya, banyak pembalap yang akan pilih ban soft di race 2 ini, karena melihat strategi itu berhasil di race 1," ungkap pembalap Manual Tech KYT Kawasaki Racing yang mengibarkan Merah Putih di India.

Namun, di race 2 ini hanya Yuki Takahashi saja yang mengaplikasi ban belakang tipe medium di barisan depan. Pembalap tim Musashi Boon Siew Honda Racing tersebut, lebih pede dengan ban medium. Dengan harapan, ban masih bisa bertahan di akhir lap untuk menyusul racer yang aplikasi ban soft.

Sayangnya, strategi yang diterapkan Yuki tak sesuai rencana. Ban soft tetap jadi kuncian di India. Itu lantaran kondisi cuaca tak terlalu panas seperti race 1. Suhu udara di race 2, hanya sekitar 29-30 derajat saja. Jadi, ban soft masih bisa bertahan hingga finish. Seperti halnya yang diperlihatkan Azlan Shah Kamaruzan. Racer BikeART Racing Kawasaki ini mampu mempertahankan posisi ketiga dari kejaran Yuki hingga finish.

Namun sayangnya, Yudhis yang kemarin tampil gemilang, kini harus rela finish di urutan ke-8. Di awal lap, dirinya mampu menjaga ritme balap dan juga bersaing untuk memperebutkan posisi 4. Jelang akhir lomba yang mementas 16 lap pun, Yudhis tak kuasa membendung gempuran pembalap di belakangnya.

Sayangnya, Gerry Salim yang di warm up sudah mampu memperbaiki ritme balap, di race 2 ini harus terjatuh lantaran terkena motor pembalap asal Thailand yang terjatuh lebih dulu. "Pembalap itu masuknya memaksakan, akhirnya low side dan motornya nyamber ke motor saya dan mengenai tangan kanan. Saya coba lanjutkan lomba, tapi terlalu sakit untuk dipaksakan," aku pembalap Astra Honda Racing Team yang terjatuh di tikungan pertama alias R1.

Jalannya race 2 ini pun masih dikuasai Anthony Keith West dari Akeno Speed WJR Racing Team. Berbeda dengan race 1, kali ini West pun kudu bertarung ekstra ketat dengan Decha Kraisart asal Thailand yang membela tim Yamaha Thailand Racing Team. Keduanya, mengaplikasi ban soft untuk belakang. So, ban soft jadi kuncian di India.

Berikut hasil lomba ARRC India 600 cc race ke-2. 

Hasil Lomba ARRC India 600 cc Race Ke-2

(www.motorplus-online.com)

 

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.