Atasi Elektrik Starter Tidak Berfungsi

Motorplus - Selasa, 18 Oktober 2016 | 17:00 WIB

Biasanya motor tipe matik, selalu mengandalkan fungsi elektrik starter untuk menghidupkan mesin. Begitu juga dengan motor jenis lain yang sering menggunakan starter elektrik ketimbang menyelahnya dengan kick starter. Jika tanpa kendala, pastinya motor akan langsung hidup dan menyala. Tapi lain cerita apabila motor ogah hidup meski tombol elektrik starter sudah ditekan berkali-kali. Kalau sudah begitu sobat harus atasi elektrik starter tidak berfungsi.

"Bisa jadi akibat komponen dalam tombolnya terdapat kotoran berupa debu atau air yang bisa menjadi karat. Sehingga motor enggak mau cepat menyala, " ujar Simbah Mail, tunner dari bengkel Simbah Mail 126 di Jl. Kramat Mulya, Cigalagah, Kuningan, Jabar.

Cara atasi elektrik starter tidak berfungsi, terbilang cukup simpel dan bisa dikerjakan sendiri. Pertama, lepas tombol starter elektrik dari dudukkannya. Copot baut pengikat holder, lantas preteli komponennya itu. Setelah itu semprot bagian dalam tombol dengan cairan penetrant, agar membersihkan kotoran dan debu serta karat yang menempel.

Fungsi dari cairan penetrant ini, sebagai pembersih dan pencegah timbulnya kembali karat. " Bersihkan permukaan dalam pada tombol starter, dengan gunakan sikat gigi bekas atau kuas. Jika masih sulit untuk dibersihkan, pakai ampelas halus ukuran 1000, " cuap Simbah Mail.

Tidak lupa setelah dibersihkan, beri sedikit grease atau gemuk dengan tipe low temperature. Karena gemuk jenis tersebut punya tingkat kekentalan di suhu rendah yang cocok untuk tombol starter maupun switch starter elektrik. Nah, tinggal pasang kembali tombolnya. Gampang dong cara atasi elektrik starter tidak berfungsi. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.