Pengertian Kelistrikan AC Dan DC (Bagian 1)

Motorplus - Selasa, 15 November 2016 | 20:30 WIB

Pada dasarnya, sistem kelistrikan di motor memiliki dua jenis, yakni sistem AC (Alternating Current) dan DC (Direct Current). Nah, sistem kelistrikan lampu, terutama lampu depan, juga terbagi jadi AC dan DC. Pada motor yang lampu depannya sistem AC, ciri-cirinya lampu depan baru akan menyala saat mesin sudah hidup. Karena sumber arusnya diambil dari sepul yang dikontrol oleh regulator rectifier atau kiprok.

Kekurangan sistem kelistrikan lampu depan model AC, saat mesin idle atau langsam, cahaya lampunya cenderung redup. Baru akan terang setelah putaran mesin naik di atas 2.000 rpm. Itu karena sumber tegangannya dari sepul yang sangat tergantung dengan putaran mesin. Selain itu, pada sistem ini bohlam lampu depan tidak bisa diganti pakai jenis lain kayak Xenon HID atau LED. Sepul yang digunakan sistemnya halfwave. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.