Pengertian Kelistrikan AC Dan DC (Bagian 2)

Motorplus - Selasa, 15 November 2016 | 20:30 WIB

Motor-motor di Tanah Air yang pakai sistem kelistrikan lampu depan AC, umumnya yang berkapasitas kecil seperti Yamaha Mio series, Xeon, Jupiter MX, V-ixion, Honda BeAT, Scoopy, CB 150R, Suzuki Satria F-150 karbu dan sebagainya. Namun ada juga yang sudah mengusung sistem DC kayak Honda Vario 150, PCX 150, Yamaha NMAX, Suzuki Satria F-150 Fi dan lain sebagainya.

Cirinya gampang saja sob untuk tahu motor tersebut sistem lampu depannya DC atau bukan. Lihat saja lampu depannya pakai bohlam biasa atau LED (Light Emitting Diode). Kalau pakai LED, bisa dipastikan sistem kelistrikan lampu depannya DC, yang mengandalkan arus langsung dari aki. Karena lampu jenis ini (LED), membutuhkan suplai listrik yang stabil.

Pada sistem kelistrikan DC, biasanya butuh arus pengisian yang besar, agar aki tidak mudah tekor. “Selain itu, kapasitas aki juga umumnya lebih gede dari motor sistem AC,” tukas Tomy Huang, ahli kelistrikan dari Bintang Racing Team-BRT. Nah, untuk memenuhi itu, sistem sepulnya sudah pasti pakai yang fullwave. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.