Penggunaan Oli Diesel Di Motor

Motorplus - Kamis, 17 November 2016 | 19:25 WIB

Ketika tahun 2001 lalu, ramai penggunaan oli diesel di motor balap 4-tak. Katanya lebih bagus. Bahkan sampai sekarang oli diesel kerap digunakan di motor. Apa boleh?

Kebetulan kemarin Em-Plus dapat pelatihan singkat tentang pelumas dari pihak Castrol. Pelatihan memang diperuntukan untuk mekanik mobil. Namun ada yang bisa dijadikan pelajaran. Sebab di mobil ada mesin diesel dan bensin.

Beda pelumas bensin dan diesel secara garis besar terletak pada additive. “Di mesin diesel bahan bakarnya atau solar mengandung lebih banyak belerang atau sulfur. Sehingga pelumasnya harus mengandung additive yang mampu mengurangi kadar belerang yang tercampur bersama oli,” jelas Alex Eko Setiawan, trainer dari Castrol Indonesia.

Di mesin bensin, kadar belerang dalam bensin sangat sedikit. Paling banyak memang terdapat di bensin Premium. Tapi sangat tipis. Apalagi di bensin Pertamax atau Pertamax Plus, sudah lebih minim belerang.

Menurut Pak Alex, jika mesin bensin terlanjur diisi pelumas diesel sebenarnya tidak apa-apa. Tapi, cepat diganti dengan pelumas khusus untuk mesin bensin. Untuk mengurangi resiko kerusakan. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.