Kenapa Ban Balap Pakai Tire Warmers

Motorplus - Kamis, 15 Desember 2016 | 17:00 WIB

Di balap ada perlakukan khusus yang dilakukan tim mekanik pada ban. Paling terlihat mencolok adalah penggunaan tire warmers atau pemanas ban sebelum balap. Bentuknya seperti selimut yang menutupi ban ketika di parkir. Lalu, kenapa ban balap pakai tire warmers.

Pasti semuanya tahu kalau satu-satunya bagian motor yang menyentuh aspal selama jalan hanya ban. Nah, ban ini punya ketentuan khusus agar bekerja optimal. Salah satunya, suhu ban yang harus berada di kondisi ideal.

"Setiap ban balap memiliki suhu operasional optimum dimana saat mencapai suhu tersebut performa ban maksimal. Tire warmer berguna untuk menjaga suhu ban jelang balapan. Dengan menggunakan tire warmer, ban balap akan lebih cepat mencapai suhu optimum sehingga pembalap bisa langsung memacu motornya," tulis produsen ban FDR di website resminya.

Balapan memang berbeda dengan berkendara harian. Saat balap motor sudah dipacu ke titik maksimal sejak lampu start dipadamkan. Makanya, ban ikut dipanaskan agar saat digunakan susah mendekati suhu ideal. Dengan begitu pembalap bisa lebih percaya diri dengan cengkraman ban yang sudah bagus. Beda dengan penggunaan harian yang tidak butuh tire warmers. Sebab, motor jarang dipaksa ke titik maksimal. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.