Fartech Speedalova Bengkel Miniatur MotoGP

Motorplus - Sabtu, 17 Desember 2016 | 12:16 WIB

Fartech Speedalova, bisa dibilang ini sebuah bengkel perakitan miniatur MotoGP milik Farhan yang beralamat di Jalan Manukan Mulyo 6H Nomor 2, Tandes, Surabaya. Di bengkel perakitan ini, Farhan menerima berbagai orderan mulai dari custom bodi, knalpot, hingga helm. 

"Kan ada beberapa keluaran dari pabrik itu yang engga keluar. Akhirnya, saya coba-coba bikin. Banyak yang pesan dan banyak orderan dari situ. Itu dari motor rakitnya merek Tamiya. Saya tinggal rakit dan ada beberapa yang saya bikin dengan mencetak sendiri dari bahan resin. Untuk merek Tamiya kan mentok keluarnya tahun 2009, terus saya bikin 2010 keatas sampai 2016 itu saya bikin dari cetakan itu," katanya. 

Farhan mengaku, awalnya tidak ada niatan untuk membuka usaha ini. Namun karena didasari hobi mengoleksi diecast sejak tahun 2005 lalu, pada tahun 2013 ia mulai menjual-belikan hasil rakitannya. Bahkan,  pelanggannya pun terus berdatangan dari mancanegara, seperti Belanda, Perancis, Belgia, sampai Yerusalem. 

"Saya kan gabung di komunitas grup Facebook dan saya juga diinvite sama orang luar. Dari situ banyak orang yang melihat hasil kerjaan saya terus coba kasih, cocok, dan mereka coba order. Pemasarannya pun lewat facebook dan Instagram," katanya. 

Pelanggan Fartech Speedalova semakin ramai dan pesanannya pun mengalir deras. Bahkan Farhan harus membuat antrian untuk setiap rakitan yang dipesan pelanggannya. "Kalau untuk pesanan hampir setiap hari pasti ada cuma harus menunggu antrian. Waiting listnya ada yang sampai enam bulan. Kalau orang luar kebanyakan itu mintanya ga buru-buru yang penting hasil terbaik," ujarnya. 

Proses pengerjaan untuk satu motor rakitannya ini cukup lama, yakni 4-5 hari. Harga yang dipatok Fartech Speedalova pun untuk satu motor rakitannya terbilang cukup murah, yaitu 1.7 juta rupiah untuk standar-box. Tetapi kalau ingin custom sesuai permintaan, Farhan menarik biaya tambahan. Dan khusus konsumen dari luar negeri, Farhan mematok harga lebih tinggi yaitu $ 250. 

Permintaan para pelanggan Farhan bermacam-macam, biasanya  pelanggan Farhan  meminta tambahan seperti knalpot yang dibuat nampak seperti aslinya, rantai yang dibuat bisa muter, dan sparepart lainnya yang dibuat sedetail mungkin.

Usaha Farhan ini merupakan buah alternatif bagi siapa saja yang ingin memiliki atau memarkirkan motor impian di rumahnya walaupun hanya berbentuk miniatur dengan skala 1:12. Bagi bikers yang berminat, langsung saja hubungi nomor ini, 0888 0353 3933. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.