Pilihan Pengaman Motor

Motorplus - Selasa, 10 Januari 2017 | 17:13 WIB

Motor sudah menjadi sasaran empuk para pencuri, selain tempat yang musti diperhatikan ada baiknya jika pengaman juga ditambah untuk mencegah pencurian. Tidak ada salahnya jika sobat mengaplikasi pengaman untuk motor.

Berbagai pengaman sudah dapat dibeli di toko-toko variasi, macamnya pun beragam. Untuk itu Emplus sengaja mengulas apa saja kelebihan serta kekurangan dari masing-masing pengaman motor yang dijual di toko variasi.

Alarm

Macam alarm cukup beragam untuk pengamanan motor, selain itu fungsinya membunyikan sirine ketika motor sedang dijarah maling, tapi alarm juga mempunyai kelemahan untuk diaplikasi. Satu contoh alarm terlalu sensitif, yang dimaksudkan disini yaitu jika motor terkena angin alarm akan berbunyi.
Itu disebabkan lantaran pada salah satu alarm tidak terdapat tombol yang berfungsi untuk mematikan alarm jika terkena angin. Disamping itu alarm juga bisa konsleting, hal tersebut bisa disebabkan karena kabel yang rusak. Umur baterai juga musti diperhatikan untuk pengaman jenis ini, “Biasanya sih sekitar 1 tahun untuk baterai yang berjenis panjang,” papar Ayung yang membuka toko variasi RPM di kawasan Kalibutuh Surabaya.

Kunci Cakram

Kunci pengaman yang satu ini juga layak di perhitungkan, fungsinya untuk mengunci cakram supaya roda tidak bisa berputar ketika dibawa pencuri. Tapi, kunci cakram ini juga memiliki kekurangan. Misalnya masalah sepele, lupa untuk melepas kunci cakram. Hasilnya kunci cakram model apapun akan terbentur oleh kaliper motor.
Secara kasat mata piringan tidak bermasalah. Tapi jika diamati lebih mendetail, piringan cakram sudah mulai bengkok. Terlebih jika kejadian lupa tadi banyak terulang, dan kalau sudah begitu piringan cakram tidak bisa bekerja sesuai standartnya.

Kunci Fork

Kunci pengaman yang berbentuk “U” ini sudah lama diaplikasi, kunci jenis fork tersebut biasa diletakkan pada bagian sok depan motor. Fungsinya hampir sama dengan kunci cakram, Sama-sama berfungsi untuk mengunci roda depan supaya tidak berputar.

Tapi, jika kunci cakram bisa merusak piringan cakram maka sebaliknya kunci fork bisa merusak jari-jari roda motor karena kunci ini mengunci dari tabung sok kanan dan kiri yang melewati jari-jari roda.

Selain itu, kunci jenis fork ini juga dapat menimbulkan suara ketika diperjalanan. Hal itu disebabkan lantaran kunci fork sudah kendur, terlebih jika melintasi jalan yang bergelombang dijamin bakal berisik.

Silahkan beri pengaman motor sesuai kebutuhan masing-masing, kekurangan tadi bisa dihindari jika sobat bisa mendeteksi kesalahan supaya tetap awet. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.