Panaskan Mesin Harus Lebih Dari 5 Menit?

Motorplus - Selasa, 24 Januari 2017 | 05:05 WIB

Kalau motor kalian jarang dipakai dan lebih sering diparkir di rumah atau disarankan sih lebih sering dipanaskan atau dinyalakan mesinnya. Ini penting loh untuk menjaga performa mesin tetap optimal. Tapi berapa lama waktu ideal untuk memanaskan? Apakah panaskan mesin harus lebih dari 5 menit?

"Ada sebagian orang yang membeli motor untuk disayang. Mungkin karena modelnya yang bagus, rare item dan sebagainya. Hal ini sih boleh-boleh aja, tetapi disarankan paling tidak mesinnya dipanaskan setiap pagi atau dua hari sekali. Hal ini bertujuan untuk mengetahui ada gejala kerusakan atau tidak pada motor kita," jelas Peter Lumingkewas dari 2WHEELIES yang beralamat dijalan Titihan Blok-HG 12-A, no.5, Permata Bintaro Sektor 9 Tangerang selatan.

Motor jarang dipakai tapi kok bisa terjadi kerusakan ya? "Semua motor yang pernah dipakai jalan kemudian didiamkan selama beberapa minggu bahkan hitungan bulan, tentu ada beberapa komponen yang mengalami masalah. Misalnya dari aki, kalau kabelnya masih terhubung dan tidak dinyalakan, tentu pengisian atau daya tahan dari aki akan menurun," tambahnya.

Nah, tidak ada salahnya kita menyalakan atau memanaskan motor itu lebih dari lima menit biar si aki bisa kembali normal. Tapi bisa juga dipanaskan dengan cara dijalankan selama beberapa menit, atau muter-muter komplek deh sambil cuci mata sob. Yang penting mesin bisa tetap vit. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

Tag Popular