Jangan Asal Ganti Baut Sensor (Bagian 2 Habis)

Motorplus - Kamis, 16 Februari 2017 | 05:15 WIB

Seperti diungkap di bagian 1, sobat jangan asal dalam mengganti baut sensor. Seperti curhat Khaerul Sodikin, warga Pondok Pucung II, Jombang, Tangerang Selatan penyemplak KTM Duke 200. Saat press pelek baut sensor kecepatannya tertukar dan bikin speedometernya ngaco!

“Keliatannya sih baut biasa bro. Tapi, sebenarnya bukan. Baut sensor di cakram ini memiliki semacam magnet, dan akan memberikan sinyal bila bertemu ujung sensor spidometer. Setiap baut ini berputar mengikuti putaran roda depan, maka spidometer pun akan membaca setiap putarannya,” jelas Saiful Bachri, mekanik 2Wheelies di Jl. Titihan Blok HG 12A No.5, Permata Bintaro, Sektor 9, Tengerang Selatan, yang banyak menangani motor KTM.

Makanya, Saiful menyarankan bila baut tersebut hilang, sebaiknya tebus penggantinya di dealer resmi motor bersangkutan. “Memang dari segi harga pastinya lebih mahal, karena 1 baut harganya Rp 30 ribu. Tapi, tentunya punya fungsi dan kualitas yang beda dari baut biasa,” imbuhnya.

Hal yang sama pernah terjadi juga pada Yamaha NMAX milik Dimas Sumitro, “Angka pada spidometer NMAX gue kadang bergerak, kadang enggak. Itu terjadi setelah gue ngecat peleknya yang mesti bongkar baut sensornya. Untungnya, ketemu lagi tuh baut,” tukasnya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.