Pasang Lampu LED Di Suzuki Satria 120R (Bagian 1)

Motorplus - Minggu, 12 Maret 2017 | 19:06 WIB

Tak selamanya sistem kelistrikan AC di motor haram pakai lampu jenis LED buat di headlamp. Nih, contohnya bisa pasang lampu LED di Suzuki Satria 120R.

Asal aliran setrum bisa dibikin stabil jadi DC, LED bisa dipakai. Seperti yang dilakukan Isa Djoemoena asal Jakarta pada Satria 120R lansiran 2002 miliknya.

Namun sebelumnya, doi upgrade komponen pengapian dan kelistrikannya pakai punya Yamaha RX-King. Mulai dari magnet, sepul, CDI dan kiprok.

Dengan trik itu, kini ia merasa  pede pakai LED di headlampnya. Sebab, sorot lampu yang dihasilkan lebih terang dan stabil.

Ditambah reflector Satria 120R versi lumba-lumba, eh.. hiu, bentuknya persegi panjang. Ini membuat pancaran cahaya dari LED jadi lebih fokus. Enggak lagi terang redup mengikuti putaran mesin.

Sarjono, mekanik dari SMR di Jl. Joglo Raya No. 190, depan SMA Yadika 5, Jakarta Barat, yang garap Satria 120R Papih, sapaan akrab Isa, coba kasih penjelasan. “Biar stabil arusnya, jalur kabel kelistrikan lampu depan diubah jadi DC lewat kunci kontak. Arus yang menuju kunci kontak, langsung dari aki,” terang Mas Sar, panggilan mesra Sarjono. Ciee.. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.