Modifikasi Kawasaki KZ 200 Red Dragon

Motorplus - Selasa, 7 Maret 2017 | 05:40 WIB

Efendi Low, tipikal orang yang ogah diam. Tangan trampilnya selalu membuat kreasi-kreasi baru dalam dunia motor Custom. Salah satunya Kawasaki KZ200 atau yang tenar dipanggil Binter Merzy ini. Pria yang juga member Binter Owner Club Jambi, sekaligus owner Bengkel Home Racing ini, coba mengangkat tema legenda ‘Naga’ pada ubahan berkonsep choppernya.

Hasilnya tak sia-sia, motor lawas Kawasaki yang dijuluni ‘Red Dragon Chopper’ ini kerap jadi jawara di beberapa kontes modifikasi di Jambi dan sekitarnya. (www.motorplus-online.com)

Namanya juga chopper, sudah pasti banyak bagian sasis yang dichop atau dipotong-potong. Namun pada kasus ini, Ko Fendi, sapaan akrab Efendi, bikin dari nol. Ceritanya, doi coba meniru gaya frame ala Harley-Davidson Custom, yang tangkinya disisipnya antara tulang tengah. Bahannya pakai seamless ukuran 1 ¼ inci. Sementara sasis belakang dirancang rigid pakai pipa seamless ukuran 1 inci. “Rancang sasisnya pakai sistem zig. Ini agar sasis bisa center, sehingga handling tetap mudah dan stabil,”. Jok single seaternya didesain memiliki pegas kayak sadel sepeda ontel.
Suspensi depan pakai model springer aftermarket, yang dikombinasi batok lampu bergaya jadul kayak corong. Sementara setang pakai model biasa, namun dibikin klimis lewat pemakaian handle rem dan kopling handmade, yang talinya dimasukkan ke dalam stang. Ini membuat tampilan lebih rapi dan simple.
Baik depan maupun belakang, dijejali pelek jari-jari berlabel DID ukuran 2,15x18”. Kedua pelek ini dibalut karet Swallow 212 dengan ukuran yang sama pula, yakni 4,00-18. Roda dengan ring segitu membuat tampilan motor jadi terlihat lebih tinggi.
Tampilan motor boleh jadul, tapi tidak dengan performa mesinnya. Soalnya, selain jadi maskot bengkel, KZ200 Red Dragon Chopper juga kerap diajak wara-wiri bareng komunitasnya. Makanya, performa mesin kudu yahud. Caranya, dengan mengaplikasi karburator Keihin PE28, yang dikawinkan dengan velocity stack. Lalu untuk menjaga kebersihan bahan bakar yang masuk ke karbu, pebengkel di Jl. D.I. Panjaitan RT.17 No.15, Pasar Kebun Handi, Jambi ini memasang filter bensin comotan mesin Diesel Nyanmar Type TS60. Trik ini juga ternyata sukses mempercantik tampilan motor.

(www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.