Modifikasi Yamaha Mio Sporty Gopek Meteran

Motorplus - Rabu, 15 Maret 2017 | 05:45 WIB

Wew.. seyem amat judulnya! Gimana gak seram, Yamaha Mio Racikan bengkel TJM Zumanji Racing ini, punya tenaga yang terbilang warbiazahh.. Istilah anak zaman sekarang sih, sekali buka gas, kelar hidup lo! Hahaha.. bisa aje. Soalnya, nih Mio sudah beberapa kali tak tertandingi di adu kebut gopek meter malam hari.

Biar gak penasaran dengan spek Yamaha Mio kelas selembaran ini, kita intipin aja yuk dalemannya!

Pada bagian pengabutan ini masih dipercayakan  karburator orisinil motor. “Tapi, venturinya digedein jadi 28 mm. Koinnya (katup butterfly), pakai punya Toyota Kijang. Sedang skep pakai diameter 34 mm,” beber Zuma sembari bilang paduan pilot jet dan main jetnya pakai kombinasi 42/120. Dengan bengkaknya kapasitas silender, klep diganti ukuran 34/29 (in/ex). Profil kem juga dibentuk ulang. Kem in dibuat membuka 32º sebelum TMA dan menutup di 65º setelah TMB (Titik Mati Bawah). Jadi, durasi kem in : 32º+180º+65º = 277º. Ex-nya pun dibikin sama, membuka di 65º sebelum TMB dan menutup di 32º setelah TMA.
Pada blok silinder, dijejali piston 67 mm comot aftermaket-nya Honda CBR 150R, oversize 350. Piston ini dipasang mendem 0,4 mm dari bibir liner, saat berada di TMA (Titik Mati Atas). “Sengaja pakai piston CBR, karena bobotnya lebih enteng. Harganya juga gak terlalu mahal. Oh iya, kompresinya diset 13,8 : 1 untuk nenggak bensol,” jelas Zunaidi, punggawa bengkel TJM Zumanji Racing di Bekasi, Jawa Barat.

(www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.