Ini Jumlah Limbah Pelumas Motor Setiap Bulan

Motorplus - Kamis, 13 April 2017 | 16:50 WIB

Dengan semakin banyaknya jumlah motor yang beredar di jalan Indonesia, ada yang pernah kebayang enggak jumlah limbah pelumas motor setiap bulannya?

Sepeda motor di Indonesia sampai 2015 yang dihimpun dari data Badan Pusat Statistik (BPS) terhitung mencapai 98.881.267 unit.

Perkembangan sepeda motor pun setiap tahunnya mencapai 12% pastinya ditahun ini limbah pelumas makin banyak sob.

Menurut Cecep Rusdi pada postingan di Facebooknya menyebutkan, bila diasumsikan setiap bulan motor tersebut mengganti oli setiap bulannya dan menghabiskan 800 ml, maka jumlah pelumas yang dibutuhkan mencapai 97 juta liter per bulan.

Dari jumlah pemakaian itu, limbah yang dihasilkan mencapai 50 juta liter setiap bulannya atau mencapai 600 juta liter limbah pelumas (bila diasumsikan setiap oli motor tersisa 550ml) per tahun.

Pria berkaca mata yang bekerja sebagai Industrial Hygiene Assesor di salah satu laboratorium ternama di Jakarta Timur ini mengajak para motoris agar lebih menghemat penggunaan pelumas dan meminimalisir limbah B3 yang terbuang.

"Walaupun sedikit saja kontribusi kita, tetapi ini salah satu kegiatan yang setidaknya kita sudah berusaha save resource, save earth, dan save uang belanja," tutur pria yang juga admin di grup Facebook Long Drain Interval Community. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.