Posisi O2 Sensor, Ada di Kepala dan di Leher Silinder, Apa Bedanya?

Panji - Selasa, 25 April 2017 | 14:31 WIB

Sobat tahu fungsi 02 Sensor di motor injeksi?

Ada yang tahu dan ada yang belum kan!

Ok.. yang belum tahu, fungsi 02 Sensor di motor injeksi adalah untuk membaca kandungan oksigen (O2) yang dikeluarkan hasil pembakaran di dalam ruang bakar.

Hasil bacaan O2 Sensor, biasa disebut Air Fuel Ratio (AFR) atau perbandingan udara dan bahan bakar.

Nah.. apakah sobat suka perhatikan, posisi O2 Sensor tiap pabrikan enggak sama memposisikannya.

Ada yang di kepala silinder dan ada yang di leher knalpot, apa bedanya sih?

“Sebenarnya enggak ada bedanya, mau disematkan di leher knalpot dan head silinder, toh tiap pabrikan punya kalibrasi sendiri-sendiri, sudah pasti presisi. Tapi, sebaiknya 02 Sensor itu disematkan di head silinder,” ujar Slamet Kasianom, Senior Technical PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Kenapa sebaiknya di head silinder?

(BACA JUGA : Hati-Hati Kabel Sensor 02 Knalpot Honda All New CBR 150R)

“Karena proses setelah pembakaran, sisa gas buang dikeluarkan, akan langsung dibaca oleh O2 Sensor. Sedangkan, kalau di leher, ada ruang dan media yang musti dilewati oleh O2 dan karbondioksida, barulah dibaca oleh 02 Sensor,” tambahnya lagi.

Keuntungan lain motor dengan O2 Sensor di head silinder, saat bongkar pasang knalpot, terutama knalpot racing, sobat tidak usah bongkar pasang O2 Sensornya.

Berbeda dengan 02 Sensor di leher knalpot, kan harus bongkar pasang lagi. Rentan putus, karena hanya dua baut kecil. Sedikit ribet! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Panji
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.