Jangan Salah Pilih Cairan Pembersih Injektor

Indra - Kamis, 4 Mei 2017 | 20:48 WIB

Jangan salah pilih pembersih injektor untuk mesin injeksi karena efeknya bisa ke mesin. 

Malaha, ada anggapan, menggunakan cairan pembersih carb cleaner yang ada di pasaran, bisa buat bersihkan throtle body dan injector di mesin injeksi.

Caranya cairan pembersih karbu disemprot dari luar lewat throttle body.

Namun sebenarnya cara ini tidak efektif.

(BACA JUGA: Cara Reset ECU di Motor Injeksi Supaya Tenaga Motor Enggak Loyo)

“Idealnya, untuk membersihkan injektor dan ruang bakar, menggunakan cairan yang disemprotkan melalui slang bertekanan, menuju ke injector. Atau, biasa disebut diinfus. Contohnya kayak produk Wurth dan 3M. Sedangkan cairan carb cleaner, hanya untuk membersihkan throttle body saja,” bilang Paujan dari ABJ 13 RRT.

Tapi ingat, jangan sembarang menggunakan carb cleaner.

Apalagi yang harganya murah.

“Bisa jadi, cairan pembersih yang berharga murah ini, mengandung terlalu banyak zat kimia Acetone. Zat ini, harganya memang murah dan punya kemampuan membersihkan deposit serta tidak berbau. Tapi, mudah menguap dan bisa merusak cat dan logam,” lanjutnya.

Acetone memang diperlukan, namun kadarnya tidak boleh berlebih.

“Jika kadarnya berlebih, dapat merusak seal-seal dan sensor injeksi di TB. Karena, ada beberapa sensor yang sensitif, seperti sensor MAP. Jika sensor ini rusak, maka langsam bisa tidak stabil,” sebut Paujan, yang bermarkas di Jl. Lingkar Duren Sawit, Jakarta Timur.

So, mahal sedikit tak apa-apa asal aman di motor! (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Indra
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular