Rem Ninja 250 Series atau Z250 Blong, Ganti Slang Remnya

Uje - Jumat, 4 Agustus 2017 | 06:01 WIB

Tak sedikit pengguna Kawasaki Ninja 250 atau Z250 series yang mengeluhkan remnya ngeloss atau blong saat dipakai riding jauh.

Waduhh.. bahaya tuh bro!

Masalahnya bukan karena kampas rem habis atau kurang menggigit cakramnya.

Melainkan ada pada slang remnya. Kok bisa?

Kejadian pernah dialami kru MOTOR Plus saat turing dari Palembang ke Jakarta dalam Endurance Journey tahun lalu.

Rem New Ninja 250 yang digunakan saat itu beberapa kali ngelos.

Terutama saat jalan siang hari melewati jalan menurun yang butuh pengereman panjang.

Padahal kondisi kampas rem masih tebal.

Tapi, ketika diperhatikan slang remnya, terlihat seperti mengembung.

“Slang rem Ninja 250 series masih menggunakan bahan karet. Bahan ini bisa mengembung ketika mendapat tekanan berlebihan dan suhu tinggi dari minyak rem di dalamnya. Sehingga membuat daya dorong piston di kaliper jadi menurun. Ini yang bikin rem jadi ngelos,” bilang Alif Kurniawan dari ANR Motor.

Panas yang timbul pada minyak rem, akibat rider terus-menerus menekan atau menginjak tuas rem ketika melewati jalan menurun.

“Gesekan kampas terhadap disc kan menimbulkan panas yang tinggi. Nah, panas ini kemudian menjalar ke minyak rem. Karena ditambah adanya tekanan, akhirnya mempengaruhi slang remnya,” lanjutnya.

Trus solusinya gimana?

“Pertama, hindari kebiasan menginjak atau menekan tuas rem terus-terusan ketika kita riding. Soalnya ada juga rider yang sering gantung rem. Kedua, ganti slang remnya pakai yang tahan tekanan dan suhu tinggi. Sudah banyak dijual di pasaran kok, mulai harga Rp 300 ribuan sampai Rp 800 ribuan per setnya,” saran Alif.

Slang rem aftermarket jenis ini biasanya bungkusnya terbuat dari serat baja.

“Sehingga resiko mengembung sangat nihil,” tutup pria yang bengkelnya di Jl. Kebon Jeruk IX No. 56, Jakarta Barat ini. (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Uje
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular