Kejar Torsi Jupiter Comot Kruk As KLX

Teguh - Selasa, 1 Agustus 2017 | 16:39 WIB

Untuk para penghobi balap 500 meter maupun drag bike ada trik ampuh neh ngakalin torsi di Yamaha Jupiter agar torsinya gak hilang ketika di top speed.

Caranya kruk as asli Jupiter di ganti dengan menggunakan kepunyaan Kawasaki KLX 150.

Eitss tapi ini gak bisa tinggal plekkk ya sob.

Harus ada campur tangan tukang bubut, nah biar tau apa aja yang dirubah di kruk as KLX ini di simak ulasan berikut ini.

(BACA JUGA : Tips Memilih Bearing Kruk As Suzuki Satria F-150 )

Kruk as KLX ini mempunyai berat awal 2,1 kg tanpa bearing kruk as ya.

Sedangkan kruk as atau roda gila Yamaha Jupiter mempunyai berat dasar 1,8 kg tanpa bearing.

“Nah lebih berat KLX kan pasti lebih bagus untuk ngejar torsi putaran atas, soalnya mengandalkan kruk as standar Jupiter di balap 500 meter suka hilang torsi pas lagi top speed, motor berasa gak jalan atasnya,” papar Daff Octaria Putra punggawa bengkel bubut Bisati di Jl. Hankam, Pondok Gede, Bekasi.

Untuk pengerjaannya kruk as KLX dimodif dengan cara awal dipotong as kopling dengan menyisakan 5 cm.

Lanjut dengan penyambungan as Jupiter yang sudah dipotong lalu disambung dengan pengelasan menggunakan las argon.

“Caranya potong sambung di batang as-nya, kalau mengubah as bawaan KLX biasanya suka bermasalah yang bisa mengakibatkan kruk as putus, bisa jadi dodol tuh joki kalau lagi top speed kruk as putus,” jelas Daff pria asli Padang ini.

Lanjut pengerjaan pada bagian kruk as yang terhubung ke magnet.

“Potong ujung bagian yang berulir dengan ukuran pemotongan 2,25 cm, lanjut dengan disambung dengan besi padat dan dibentuk ulir baru sesuai dengan bentuk kruk as standar Jupiter, dan pada batang kruk as KLX dikecilin lagi 3,3 mm agar masuk dengan magnet Jupiter, dan lanjut membuat got untuk dudukan spi magnet dengan mengikuti ukuran asli spi magnet Jupiter kembali, ingat Daff yang pernah berguru di BRT ini.

Untuk kruk as KLX sendiri bisa dibuat hingga 74 mm dengan aplikasi stang piston Yamaha RX-S.

“Ini biasanya untuk spek bebasan dengan paking tebal makanya bisa sampai 74 mm. Untuk spek selembaran struk biasanya bermain di angka 66 sampai 67 mm dengan aplikasi stang piston C800 untuk pen piston 15. Kalau mau pakai pen piston 13 comot aja punya C700, asal jangan comot punya orang, dosa tau, oya jangan lupa abis itu dibandul dan dibalance ulang biar ketemu torsi atau lemparan yang maksimalnya,  ungkap Daff owner yang sedang cari jodoh neh.

Setelah proses semua selesai kruk as KLX ini disenter atau di dial ulang kiri dan kanan agar gak geol-geol kaya bebek.

"Toleransinya biasanya kruk as gue bermain di angka 0,01 sampai 0,03 mm, dijamin motor enak tarikan atasnya, dan sudah terbukti kekuatannya di balap malam, dan belum ada masalah sampai dengan saat ini," imbuh daff yang bisa di telpon di nomer 082297978484. (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Teguh
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.