Deteksi Lady Biker yang Terkena Kanker Payu Dara

Motorplus - Selasa, 4 Juli 2017 | 13:35 WIB

Kanker payudara juga mengancam lady bikers alias pemotor perempuan.

Share ini keluar dari Bro Alex Praditya dan Desi  Mulyani dari PT Muara Prima (MB Pro Pictures).

Mereka memproduksi film Pinky Promise yang terspirasi komunitas survivor dan  warrior kanker payudara. Sambil ngopi santai, mereka berbicang soal kepedulian bikers ikhwal penyakit mematikan ini.

“Iya khan? Kebanyakan brothers lebih concern memperhatikan kondisi motor. Mbrebet dikit, periksa ke bengkel atau ngutak-ngatik di rumah yang hobi ngebengkel. Padahal ada lagi tuh yang lebih penting. Gimana ngecek pasangannya, apa tetap fit?“ jelas mereka serius.

(BACA JUGA: Penyebab Dinding Piston Cepat Baret)

Faktanya memang banyak yang belum paham.

Padahal kanker payudara sangat mengancam kita semua.

”Tingkat stres yang tinggi, konsumsi junk food dan banyak lagi memicu hadirnya penyakit ini. Banyak yang nggak sadar, tiba-tiba sudah stadium 3. Jenjang umur yang terserang juga  makin muda. Ada yang belasan tahun sudah terkena,” wanti Alex.

Nah, harus diwaspadai kita semua tho?

Padahal deteksi dininya mudah dan praktis sekali, hanya sosialisasi yang belum gencar.

Sipnya MB Pro terbilang getol berkampanye. Selain sosialisasi dan bikn kegiatan, mereka terlibat dalam pembuatan film Pinky Promise yang dibintangi artis cae’m Chelsie Islan.

“Yang paling praktis adalah langkah yang diberi jargon SADARI atau Periksa Payudara Sendiri. Ini langkah praktis, Para cewek  silakan memeriksa payudaranya, jika ada benjolan yang mencurigakan cepat periksakan diri ke dokter. Deteksi yang lebih awal sangat membantu penyembuhannya,” tambah Alex.

“Beberapa bikers sebenarnya sudah concern ihwal hal ini. Beberapa teman-teman sering bikin kampannye kepedulian soal kanker payudara, menggalang dana membuat konser musik, sosialisasi dan banyak lagi,” tambah Iwan Rasta, daily riders yang sering partisipasi berkampanye soal penyakit yang jika tidak dideteksi dini sanggat berbahaya.

”Sebagian besar pasien kanker payudara saya tidak pernah memeriksakan payudaranya sendiri waktu sehat. Padahal tinggal cari saja caranya di internet sudah banyak," kata Prof. Dr. dr. Aru Wicaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, Ketua Yayasan Kanker Indonesia dan Perhimpunan Onkologi Indonesia yang dilansir banyak media. Tuh.. ayo peduli!

Buat para ladies, pasangan brothers, klub Women Wheel, lady bikers  independen, silakan simak cara praktis deteksi kanker payudara ini.

Silakan berdiri lurus di depan cermin dengan bahu lurus dan tangan di pinggul.

Perhatikan apakah ada yang aneh dengan payudara Anda atau tidak.

Angkat lengan Anda dan kemudian lihatlah puting payudara Anda.

Apakah bentuknya tidak wajar atau mengalami perubahan warna yang aneh.

Masih dengan posisi yang sama, rabalah payudara Anda mulai dari puting hingga ke area di dekat ketiak.

Apakah Anda merasakan ada benjolan atau tidak? Apabila benjolan tersebut keras dan menyakitkan, ada baiknya segera periksakan ke dokter.

Ingat,makin awal dideteksi makin mudah penyembuhannya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.