Sambil Nunggu Berbuka Puasa, 2 Jenis Cat Semprot untuk Bodi dan Mesin

Motorplus - Kamis, 1 Juni 2017 | 13:28 WIB

Sekarang untuk mengubah warna kendaraan tanpa bantuan tukang cat, gampang bro.

Ente bisa mengecat sendiri menggunakan cat semprot atau aerosol yang banyak tersedia di pasaran.

Selain warnanya yang semakin lengkap, spek cat yang disediakan juga semakin beragam.

Secara umum ada 2 jenis cat semprot.

(BACA JUGA: 5 Fakta Ternyata Anak Balap Liar Doyan Pakai Kondom)

1. PP Primer
Sobat bisa gunakan cat semprot khusus yang disebut PP Primer.

Termasuk beberapa cat semprot spesial yang dibuat agar tidak mudah ngelotok atau terkelupas.

Contohnya, pada cover body motor dengan permukaan kulit jeruk.

Bagian ini sangat sulit dicat dengan teknik biasa. Meskipun awalnya terlihat rapi, biasanya cat akan mudah terkelupas jika terkena sedikit benturan.

“PP Primer digunakan sebagai lapisan dasar. Pemakaian PP Primer, bertujuan agar cat bisa merekat sempurna di permukaan kulit jeruk seperti dek motor. Dengan memakai PP Primer sebagai dasar, cat jadi lebih merekat dan enggak gampang terkelupas,” ucap Alfathir alias DJ, punggawa DJ Custom Paint yang bermarkas di Jl. Depok Dua, Depok, Jawa Barat.

Ada banyak macam PP Primer yang dijual di pasaran, termasuk bentuk aerosol alias cat semprot. Ingat, PP Primer itu jenis cat bukan merek.

Ada banyak produsen cat semprot yang mengeluarkan cat jenis PP Primer. Sobat tinggal pilih saja sendiri mereknya. Buat harga, sama dengan harga cat semprot lainnya.

2. Cat High Temp

Selain permukaan kulit jeruk, mengecat bagian yang punya suhu panas tinggi juga harus menggunakan cat khusus. Seperti knalpot, cat biasa tidak akan kuat menahan panas di bagian ini.

Tenang, sekarang banyak produsen cat semprot yang mengeluarkan jenis cat High Temp yang tahan panas. Jadi enggak perlu pusing untuk mengecat knalpot.

Cat semprot High Temp ini tahan hingga suhu 600º celcius. Namun, warnanya cuma tersedia hitam doff dan silver saja. Untuk mesin, sebenarnya tidak perlu pakai cat High Temp. Cat biasa saja cukup. Sebab, suhu mesin tidak seekstrim knalpot,” ucap Slamet Haryanto, Marketing Samurai Paint Indonesia yang akan bikin demo cat di acara Bursa Motor 2016 (BurTor) di Parkir Timur Senayan, 24-25 September 2016.

Soal harga, cat semprot tahan panas ini masih cukup terjangkau.

Dibanderol dengan kisaran harga Rp 50 ribu/kalengnya.

So, jangan sembarangan dalam memilih tipe cat jika tidak ingin hasilnya jelek. Pilih cat sesuai dengan kegunaannya sob! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.