Edward Turner Si Jenius Bapaknya Perancang Motor Eropa Berkelas

Motorplus - Senin, 3 Juli 2017 | 18:38 WIB

Nih dia orang yang jadi otak motor  Ariel, Triumph dan BSA dibidani seorang genius bernama Edward Turner.

Yap, orang ini adalah desainer jempolan yang merancang merek-merek tadi dan berjaya di dekade 1920-an sampai awal 70-an.

Edward lahir di Camberwell, Inggris 24 Januari 1901. Di usia belasan tahun, ia two wheeler sejati dengan motor petama Light Tourist New imperial.

Tahun 1925, ia mamerin karya mesin pertamanya, mesin single cylinder OHC (Over Head Camshaft). Lanjut ia bikin motor sendiri bernama nama Turner Special berkapasitas 350 cc.

(BACA JUGA: Video Anak Dilindas Mobil Saat Orang Tua yang Pakai Motor Mengisi Bensin)

Karyanya terus berlanjut dengan mendesain mesin gede 4 silinder segaris lansiran 1928. Rancangan ini ia tawarkan ke pabrikan bonafid kala itu.

Ke BSA, ditolak sampai akhirnya diterima bro Jack Sangster, bos pabrikan Ariel. Dari situ ia bekerja dengan Ariel dan itulah awal lahirnya varian Ariel Square Four  1931 yang legendaris itu. Sipnya, varian ini laku keras dabn berdurasi panjang sampai 1959.

Dalam dekade 1930, Edward Turner  juga kosen mengurusi  desain motor Triumph. Di sini ia merancang Triumph Speed Twin tahun 1937.

Motor ramping, enteng dan kenceng di jamannya. Inipun sukses diproduksi sampai 2 periode antara 1938-1940 sama 1947-1966.

Tahun 1942, Edward cekcok dengan bosnya, Jack Sangster. Ia cabut dan pindah ke BSA (Birmingham Small Arm).

Kepindahan Turner ke BSA ini nggak lama, setahun kemudian dia balik lagi ke Triumph dan jadi direktur disana lagi.

Triumph trus dibeli secara resmi oleh BSA tahun 1951. Turner kemudian kerja di bawah BSA group tetapi masih ngurusin produksi Triumph.

Waktu dipegang BSA, produk Triumph rancangan Turner kayak Triumph Tiger Cub teknologinya diadopsi oleh BSA buat motor produksinya yaitu BSA C15. Pakai mesin unit construction yang bentuk crankcasenya bersatu dengan girbox.

Tahun 1958, Turner  juga terlibat bikin Triumph T120 Bonneville. Seri Bonneville ini bahkan masih diproduksi Triumph sampai sekarang.

Anehnya, Edward Turner gak terlalu tertarik dunia balap. Padahal waktu itu prestasi di dunia balap pada motor merek tertentu udah bisa mengkatrol penjualan.

Turner bahkan sempet marah waktu Triumph T100 rancanganya turun di Manx Grand Prix, walaupun berhasil memenangi kejuaraan itu.

Mantan anak buahnya semasa di Triumph, Bert Hopwood malah sukses bikin motor kenceng waktu dia pindah ke Norton dan jadi musuh bebuyutan Triumph Speed Twin dalam hal penjualan.

Itupun nggak cukup menarik hati Turner buat serius di dunia balap  layaknya kayak AJS atau Norton. Triumph baru serius ikut balap tahun 1967 setelah Turner pensiun dan berhasil menjuarai Isle of Man TT.

Edward Turner mulai pensiun pada 1963, tapi dia masih aktif ngedesain motor. Karyanya yang terakhir Triumph Bandit dan BSA Fury yang dilengkapi mesin 350 cc Twin Cam muncul tahun 1970. Dua motor yang punya platform mesin yang sama ini disiapin buat nandingin gempuran motor Jepang waktu itu.

Sayangnya, karena kondisi keuangan BSA Group yang lagi kritis, 2 motor ini gagal masuk jalur produksi dan nggak lama setelah itu BSA Motorcycle gulung tikar pada 1972.

Turner meninggal setahun kemudian pada 15 Agustus 1973. (www.motorplus-online.com)

 

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular