Modifikasi Yamaha NMAX Jawara Road Race Bandung

Edhot - Kamis, 29 Juni 2017 | 14:27 WIB

Jawa Barat merupakan surganya pecinta balap motor ompong, alias skubek atau matik.

Bahkan kini merambah skubek bongsor, yakni Yamaha NMAX.

Meski baru beberapa kali dibuka kelas khusus NMAX, namun antusias kelas ini gak kalah menyajikan gengsi.

Seperti dalam gelaran road race di Brigif, Cimahi, bandung beberapa waktu lalu, perdana buka kelas khusus NMAX s/d 200 cc.

Baca juga: Motif Trick Star di Yamaha NMAX 155 2016

Podium tertinggi disabet Azi Zihad, rider asal Tasikmalaya, yang membela tim Gemilang Berdikari Utama Hamosena CLD ZTM.

“Di balik kemenangan itu, ada peran besar Iman Zatory, sang kiliker NMAX besutan Zihad. Keduanya (pembalap dan mekanik), kombinasi yang pas,” bisik Gemilang Yohansah, selaku owner tim.

1. SILINDER.

Pakai paket bore up berisi piston Wiseco diameter 62 mm berikut ring piston, pen, klip pengancing hingga paking blok. Kapasitas naik jadi 175 cc.

2. HEAD DAN KOMPRESI.

Mengimbangi volume silinder yang bengkak, porting polish sudah pasti ditempuh. Ditambah kedua klep diganti pakai ukuran 22/19 mm (in/ex). Oh iya, lewat pemakaian piston Wiseco tadi serta penyesuaian pada squish, rasio kompresi dipatok di angka 11,0 : 1.

3. PIGGYBACK.

Iman memilih menyandingkan ECU standar dengan piggyback EJK. “Setingnya cukup simpel. Enggak perlu pakai laptop segala. Tinggal setel knop yang tersedia di badannya, untuk mengatur kebutuhan bahan bakar di putaran bawah, tengah hingga atas. Prinsip kerjanya mirip dengan gonta-ganti spuyer pada karburator,” beber pria yang nengok juga dipanggil Zatory.

4. CVT.

Buat memaksimalkan akselerasi dari bawah hingga atas, rumah roller mengandalkan produk CLD, yang kemiringannya 13,5°. Sedangkan rollernya pakai yang 8 gram rata. Dilanjut mengganti per CVT ukuran 2.000 rpm.

“Kombinasi per CVT keras dan roller enteng, bertujuan agar tarikan awal bisa cepat. Sementara untuk top speed, terbantu profil kemiringan puli primernya,” tutup mekanik berkacamata ini.

DATA MODIFIKASI

Ban depan     : Bridgestone 120/70-13

Ban belakang : Bridgestone 130/70-13

Cakram depan : TDR

Knalpot      : CLD C7 (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Edhot
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.