Bedah Yamaha Jupiter Jawara Grasstrack Tangerang

Kamis, 29 Juni 2017 | 13:09 WIB

Bertarung di sirkuit grasstrack, wajib punya kuda pacul mumpuni, baik performa maupun kaki-kaki. Nah, Egy Aldila asal Tangerang, Banten, mampu memenuhi itu pada Yamaha Jupiter pacuannya. Tak heran bila dalam ajang grasstrack di seputaran Banten, tracker bernomer start 123 ini selalu jadi jawara kelas Bebek Modifikasi Junior 130 cc.

Lari Jupiter itu seperti tak bisa dibendung rival-rivalnya. Artinya, ramuan yang disuntik mekanik andalan tim PT Krama Teknik Cilegon DNL Mikaela SBR Speed Shop, tempat Egy bernaung, manjur sangat.

1. SILINDER & KRUK AS.

Buat naikin power dan nambah torsi, silinder dijejali piston berdiameter 52,5 mm yang comot keluaran SRP. Tak hanya itu, stroke ikut dinaikan jadi total 57,9 mm. Kalau dihitung pakai rumus silinder, didapat volume 125,27 cc. Ini modal buat bertarung di kelas bebek modifikasi 130 cc.

2. HEAD & KOMPRESI.

Untuk memenuhi kebutuhan campuran gas yang ikut nambah, klep masuk dan buang diganti lebih besar pakai produk BRT-Bintang Racing Team. Diameter payungnya 28/23,5 mm (in/ex). Dilanjut oprek profil noken as, dengan durasi 275° di bagian in dan 276° pada ex.

“Rinciannya, klep masuk dibikin membuka di 35° sebelum TMA dan menutup di 60° setelah TMB. Sedangkan klep buang membuka 55° sebelum TMB dan menutup 41° setelah TMA. Rasio kompresi bermain di angka 12,5:1, untuk menenggak Pertamax Turbo,” ucap tuner bengkel SHT Sunda Pride Jl. Wanaraja, Garut, Jawa Barat ini.

3. SUSPENSI.

Supaya laju motor tetap stabil nge-jump di table top atau melahap tikungan, sok depan dijejali upside down milik Honda CR 85. Sementara di zona belakang pakai double shock keluaran Kayaba warna merah. Sebelumnya, swing arm diganti pakai punya Kawasaki Kaze. “Kombinasi ini membuat ayunan kaki-kaki tetap diam saat si Egy fight di trek lurus maupun tikungan. Namun soft ketika ajak terbang-terbang,” tambah sang mekanik.

4. RANGKA & BODI.

Pakai hasil kustom dari bahan pipa besi berukuran 42 mm untuk main frame, serta ukruan 22 mm kombinasi 26 mm pada sub frame. Rangka semua full handmade. Disesuaikan pula dengan bodi dari YZ85. Nah, untuk dudukan mesin Jupiter, pakai tambahan plat setebal 3 mm,” tutupnya.

Data Modifikasi

Pelek depan-belakang : Takasago 1,40x19” dan 1,85x16”

Ban depan-belakang : Swallow 70/100-19 dan 90/100-16 Setang        : Protaper

Handgrip      : Pro Grips

Knalpot        : DNL Muffler (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis :
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.