Honda CBR150R Pakai Piston CBR600RR Juara di Sentul

Uje - Minggu, 23 Juli 2017 | 00:32 WIB

Badarudin Yusuf alias Kipli berhasil keluar sebagai pemenang di ajang Universal Fun Race yang digelar di Sirkuit Sentul pada 12 Juni lalu. "Kali ini balapnya beda karena sistemnya time attack turun di kelas tim 1 menit 57 detik sampai 2 menit 2 detik," bilangnya.

Karena kelasnya universal, Kipli memacu Honda CBR150R miliknya berbarengan dengan pacuan berkapasitas setara atau lebih besar. "Banyak yang pakai motor 250, tapi yakin karena udah sering main di time 1:57. Jadi, yang penting fokus dengan best time," ucap rider yang pakai nomor start 192 ini.

Pacuan Kipli dikorek Misto, pria asli Purbalingga yang buka bengkel Java Motor Sport (JMS) di Jl. Ciputat Raya No. 43 Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Yuk langsung kita scrut.

1. SILINDER.

Kipli dan Misto memperbesar kapasitas silinder dengan bore up. "Sekarang kapasitas mesin jadi sekitar 166 cc. Soalnya udah pakai piston Honda CBR 600 RR yang berdiameter 67 mm. Selain itu blok silinder dipapas 0,3 mm. Jadinya kompresi mesin jadi 12,8:1 buat pakai Pertamax Turbo," jelas Kipli.

2. HEAD.

Pacuan dari kipli masih pakai ukuran standar, yakni 24,5 X 21 mm. "Tapi, yang udah diganti kemnya, sekarang HRC Thailand Racing. Durasinya 240 untuk in, sementara ex 220. Oh iya per klepnya juga pakai per klep jepang."

3. ECU DAN INJEKTOR.

Throttle Body (TB) masih gunakan standar pabriknya yakni diameter venturi 30 mm. "Tapi, injektornya juga sebetulnya masih standar tapi dicustom lagi jadi 8 hole. Untuk ECU pakai keluaran Apitech dengan AFR sekitar 13,2:1," lanjutnya.

DATA MODIFIKASI:

Busi: Iridium NGK

Ban depan: IRC Fasti 1 110/70 - 17

Ban belakang: IRC Fasti 1 130/60 - 17

Sokbreker belakang: RPM

Knalpot: Mitsuto (www.motorplus-online.com)

Penulis : Uje
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.