Substitusi Gir Belakang Suzuki GSX-R150 Dari Motor Jadul Nih Bro!

Maleha - Minggu, 23 Juli 2017 | 00:44 WIB

Pilihan part fast moving ori Suzuki GSX-R atau S150 di daerah, tentu masih terbatas.

Contoh soal final gear. Bahkan pilihan part aftermarketnya pun belum ada. Pastinya ini bikin sobat agak repot ketika ingin mencari akselerasi terbaik, misal ingin dibikin lebih pendek atau panjang nafas mesinnya.

Jika ingin tarikan motor kuat diajak nanjak di kawasan perbukitan, kudu dibikin enteng perbandingan girnya.

Sebaliknya jika ingin top speed lebih tinggi dan napas mesin panjang untuk wilayah yang cenderung datar, bisa diakali dengan mengurangi jumlah mata gir belakang, 1 – 2 mata dari standarnya.

Baca juga : Suzuki GSX-R150 Pakai Kampas Kopling Suzuki RGR150, Anti Selip Bro!

Hal ini dialami Eddy Purnomo, salah satu member Suzuki GSX Owner Indonesia (SUGOI) Chapter Surabaya.

Ceritanya, doi pingin bikin nafas mesin GSX-R150 yang dipakainya hari, lebih panjang. Namun apa daya, belum ada pilihan gir aftermarketnya. Nah, hasil blusukannya ke beberapa bengkel dan pencerahan teman mekanik, akhirnya ketemu tuh solusinya.

“Ternyata bisa pakai gir belakangnya motor jadul, yakni Honda GL 100, yang memiliki tebal 428 kayak GSX-R/S. Apalagi diameter lubang tengah gir juga sama, yaitu 58 mm,” tutur Eddy. Tentu yang dipilih bukan gir belakang GL 100 ori, melain produk aftermarketnya yang tersedia beberapa pilihan jumlah mata gir.

“Nyari perbandingan gir belakang 44 mata, di kombinasi gir depan dari Satria F-150 ukuran 14T. Kalo gir ori susah dapetinnya yang sesuai, kecuali gir KW atau aftermarket semacam SSS,” lanjut Eddy Jablay, panggilan akrabnya.

Baca juga : Footstep Underbone Untuk Suzuki GSX R150

Tapi, kudu ada sedikit tambahan nih sob kalau pakai gir belakang GL 100. Yakni, “Harus nambahin mur ukuran sama di tiap bautnya, dikarenakan tapak bagian tengah gir GL 100 lebih tipis. Pasang juga mur standarnya, jadi kontra mur (lihat gambar),” tambahnya.

Saat ini Eddy juga masih nyari perbandingan yang lebih pas lagi, misalnya dengan 15 – 46. Itu buat opsi aja sih, boleh-boleh saja kalau sobat masih ingin nyari perbaingan terbaiknya! (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Maleha
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.