Pasang Bohlam Model LED di Motor Non LED Pastikan Arus DC

Uje - Kamis, 20 Juli 2017 | 06:31 WIB

Hingga tahun 2017, masih banyak model motor yang menggunakan bohlam sebagai lampu utamanya.

Tetapi sebagian juga sudah mengusung LED yang memiliki daya konsumsi listrik lebih rendah, tetapi juga terang.

Bagi pengguna motor yang masih menggunakan bohlam, tidak perlu berkecil hati kalau motornya belum kekinian.

Ternyata motor baru saat ini, memungkinkan untuk memasang lampu LED secara bolt on di dudukan lampu standar, tidak perlu menggunakan PCB atau lainnya.

(BACA JUGA :  Stoplamp LED NMAX Buat Tampil Keren)

“Enaknya motor sekarang kelistrikannya sudah DC (Direct Current) atau arus searah. Jadi, bisa pasang bohlam model LED ini,” buka Andrew dari Andrew MX Shop di bilangan Cengkareng, Jakarta Barat.

Sekarang ini, sudah banyak lampu LED model bohlam yang tinggal pasang seperti memasang bohlam biasa.

Salah satunya yang dijual Andrew, doi pernah pasang bohlam LED ke KTM Duke 200 yang masih menggunakan bohlam sebagai lampu utamanya.

"Tinggal bongkar saja batok reflektor lampu depannya. Tidak perlu ubahan apa-apa, seperti memasang bohlam biasa saja sudah langsung nyala. Terangnya juga lebih merata ketimbang bohlam biasa," tambahnya.

"Kalau motor-motor lama seperti Yamaha Jupiter MX 135LC, harus ubah dulu kelistrikannya dari AC ke DC. Cara ubahnya, lewat mengganti kiprok yang sudah DC seperti Honda Tiger. Kalau tidak diganti tidak bakal berfungsi dengan normal," ujarnya.

Bohlam LED seperti ini harganya juga cukup terjangkau.

"Cuma mulai Rp 90 sampai Rp 200 ribuan, tergantung merek dan tipe seperti H4,H6 dan H7. Watt-nya juga kecil cuma 15 sampai 18 Watt saja, jadi lebih enteng listrik," tutup Andrew yang belajar kelistrikan secara otodidak. Artinya bisa lebih irit aki!

(www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Uje
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.