Modifikasi Yamaha Aroma Zoomer dan Ruckus

Yeyep - Jumat, 21 Juli 2017 | 06:04 WIB

Honda Zoomer dan Ruckus yang termasuk enis motor 50 cc jadi rujukan Tyo Adjibaya alias Aco untuk modifikasi Yamaha Mio miliknya.

Aco yang memiliki rumah modifikasi berlabel Nattuna Garage, bikin Mio nyaris mirip kedua jenis motor tersebut.

“Mirip mungkin iya, tapi tidak sama persis! Ada beberapa bagian yang berbeda,” cuap Aco.

1. RANGKA.

(BACA JUGA: Dahsyat, Mobil Rusak di Tengah Gurun, Pria Ini Ubah Mobilnya Jadi Motor)

Rangka Yamaha Mio jadi bagian ini yang lebih dulu kena jamah. Acuannya pada sasis Ruckus.

Agar mirip seperti Ruckus, Aco menyisakan komstir sampai dengan rangka tengah, sisanya custom dari pipa besi diameter 1,5 inci dan dikombinasi plat besi 1,9 mm untuk jok dan bracket jok dari plat 3 mm.

Saat pembuatan dudukan mesin, sedikit dimundurkan, jadi seperti lowrider. Tidak menggunakan undur-undur alias braket dudukan mesin.

2. BOX.

Ini bagian yang paling mencolok, nyaris mirip kepunyaan Honda Zoomers. Box bagian depan ini, dipesan khusus. “Saya ingin yang benar-benar mirip, jadi saya pesan pada ahlinya,” jelas Aco.

Nampak detail dan elegan, saat melihat tombol lampu dan starter pada box tersebut. Lekukan dan bentuknya nyaris sempurna, sehingga box ini menjadikan tampilan Mio Aco makin pangling.

3. PELEK MOBIL.

Ban ekstra gambot untuk depan belakang, dipengaruhi pengaplikasian pelek mobil. Tapi, pelek mobil ini terlebih dahulu diolah tangan kreatif Aco, sehingga jadilah pelek kustom yang menjadi pusat perhatian.

Biker yang tinggal di Jalan Ciptomangunkusumo Gayam, Ciamis, Jawa Barat ini, menggunakan tiga buah pelek mobil. Untuk belakang, Aco menggabungkan dua buah pelek mobil, alhasil pelek pun menjadi lebar.

4. MESIN.

Sejatinya, Mio ini sebelumnya digunakan untuk drag. Masih terdapat sisa-sisanya, seperti blok menggunakan TDR dengan piston 58,5 mm. Klep menggunakan milik Toyota Camry.

Roller beserta rumahnya menggunakan Kawahara. Kemudian, karbu menggunakan TDR PE28 dengan pelepas gas buang custom. Otomatis, untuk narik ban gambot enggak terlalu kewalahan.

Data Modifikasi :

Pelek depan        : Custom Nattuna 4.50x13

Pelek belakang     : Custom Nattuna 8.00x14

Ban depan          : IRC SS 570 110/70-13

Ban belakang       : Swallow City 180/55-14

Nattuna Garage     : 0823-1587-1282

(www.motorplus-online.com)

 

Penulis : Yeyep
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular