Begini 4 Cara Mengecek Aki Motor Yang Lemah Syahwat

Senin, 24 Juli 2017 | 15:38 WIB

ACCU motor atau bisa kita bilangnya AKI, mempunyai peran penting di komponen kelitrikan motor kesayangan ente nih sob.

Fungsi AKI, menyimpan arus listrik dari kumparan sepul yang nantinya di suplai untuk kebutuhan kelistrikan motor kita.

Aki MF (Maintenance Free) atau sering disebut aki kering memang diciptakan bebas perawatan. Nyatanya peranti ini tetap butuh pengecekan dan diisi ulang (recharger) bila tegangannya mulai menurun.

Pengecekan aki ini biasa dilakukan setiap 3.000 km. Tujuan lainnya untuk antisipasi aki tekor meski masih terbilang baru.

(BACA JUGA : Aki Motor yang Bisa Dicek Tanpa Pakai Alat Ukur)

Nah apa saja dan bagaimana cara pengukurannya, berikut 4 cara mengecek aki pada motor.

1. Volt Meter

Dengan menggunakan alat ini (Tester Volt meter) anda akan mendapatkan hasil yang akurat dan terpercaya mengenai kerusakan Aki pada kendaraan. Voltase yang ada dalam aki dapat ditinjau secara seksama.

Voltase standar aki motor adalah kisaran 12,4 volt. Bila tegangan yang terjadi kurang dari 12,4 volt, sepertinya aki sudah mulai ngedrop dan pastilah pertanda bahwa anda harus segera menggantinya.

2. Remas Dan Raba

Source : MOTOR Plus
Penulis :
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.