Single ECU MotoGP Masih Mungkin Dimanipulasi

Indramawan - Kamis, 3 Agustus 2017 | 05:36 WIB

Penyeragaman pemakaian software dan hardware ECU (Electronic Control Unit) di MotoGP mulai 2016 lalu dipercaya sebagai alat ampuh untuk mengurangi gap kekuatan tim pabrikan yang sudah mapan dengan tim pabrikan yang baru join.

Atau bahkan juga tim satelit. Kiranya ini menjelaskan kenapa sejak musim lalu sampai sekarang kompetisi berlangsung sengit.

Meskipun demikian, MotoGP Director of Technology, Corrado Cecchinelli mengungkap adanya peluang manipulasi pada software ECU yang telah diseragamkan itu.

“Ketika MotoGP akhirnya mencapai kesepakatan dengan para pabrikan untuk pemakaian ECU (hardware dan software) tunggal mulai 2016, IMU lolos dari bahasan. Tidak jadi masalah kalau IMU itu hanya sebuah sensor. Justru IMU ini jauh lebih pintar ketimbang itu. IMU punya ‘otak’ sendiri yang bisa diprogram. Karena itulah muncul potensi untuk ‘mendoping’ angka-angka yang akan mempengaruhi software ECU yang telah diseragamkan itu,” ungkap Corrado Cecchinelli pada Peter McLaren, MotoGP Editor untuk Crash.net.

(BACA JUGA : ECU MotoGP Seragam Berujung RPM Dibatasi)

Sebelum lebih jauh, kita bahas dulu, apakah IMU itu?

IMU adalah singkatan dari Inertial Measurement Unit, yang merupakan perangkat elektronik yang awalnya banyak dipakai di pesawat terbang, termasuk juga pesawat tanpa awak, satelit dan lain-lain.

IMU ini sendiri menggunakan  perangkat accelerometers (pengukur kecepatan) dan gyroscopes (pengukur kemiringan), dan kadang pula menggunakan magnetometers (pengukur medan magnet).

Dari sini bisa diketahui ketinggian, besaran sudut, kecepatan linear dan posisi sebuah obyek.

Nah MotoGP pun membutuhkan hitungan-hitungan ini. Paling gampang ketika Anda melihat siaran MotoGP, di situ didapat informasi sudut kemiringan pembalap ketika rebah di tikungan, top speed motor saat melaju di trek lurus dan lain-lain.

Source : MOTOR Plus
Penulis : Indramawan
Editor : Hendra




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.