Waspada Ciri Area yang Bisa Bikin Keyless Tidak Berfungsi

Indramawan - Rabu, 9 Agustus 2017 | 13:56 WIB

Artikel yang berjudul Awas Kunci Keyless Nge-Jam, Mesin Enggak Bakal Nyala dan Setang Tetap Terkunci sempat bikin pemilik motor yang kunci kontaknya keyless panik.

Keyless mendadak enggak bisa digunakan.

Dari situ, brother sebagusnya tahu lokasi seperti apa yang bikin signal remote keyless tidak berfungsi.  

Artikel itu menjelaskan fakta ada lokasi atau area menentukan tidak berfungsinya keyless.  

(BACA JUGA: Penyebab Keyless Motor Lebih Gampang Kena Gangguan Dibanding Mobil)

Sugondo dari CV Singlock yang bikin dan duplikasi kunci immobilizer, smart key (termasuk keyless), tapi juga menjual komponen-komponennya, termasuk mesin scanner untuk memprogram microchip pada kepala kunci, mengingatkan problem keyless.

Sugondo bilang sensor sinyal yang dipancarkan remote keyless ini memang dibuat lemah.

“Hanya dalam radius kurang lebih 1 meter. Ketika kita menjauh dari radius itu, maka secara otomatis pintu pada mobil akan terkunci. Atau kalau pada motor, ya setang akan terkunci. Jadi sebenarnya memang demi keamanan. Tapi kekurangannya, ya rentan terkena gangguan gelombang radio atau elektromagnetik yang lebih besar,” urai Sugondo.

Yang menarik, menurut Sugondo, pada mobil gangguan keyless nge-jam ini lebih jarang terjadi.

“Karena teknologi ini sudah agak lama diterapkan pada mobil. Dan yang kedua, mobil lebih terlindungi karena lebih tertutup, sehingga gelombang dari luar tidak terlalu mengganggu. Tapi pada motor, aplikasi ini masih baru, dan lebih terbuka,” analisa Sugondo.

Nah, area yang perlu diwaspadai menurut Sugondo, di antaranya adalah tower-tower pemancar seperti punya Telkom, atau radio di kawasan Polda.

Wong kadang-kadang sinyal handphone aja bisa terganggu,” ungkap Sugondo.

“Dan ini pula menjelaskan, kenapa kita dilarang menyalakan handphone ketika dalam pesawat terbang, karena dikhawatirkan sinyal yang dipancarkan dan diterima hp tadi mengganggu sistem komunikasi dan navigasi,” tegas Sugondo.

Analisa Sugondo akin bakal ada pengembangan-pengembangan, seperti misal, ada fitur peredam yang meminimalisir gangguan gelombang dari luar untuk keyless di motor. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Indramawan
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular