Penyebab Keyless Motor Lebih Gampang Kena Gangguan Dibanding Mobil

Indramawan - Rabu, 9 Agustus 2017 | 13:48 WIB

Kasus Keyless nge-jam yang terjadi pada beberapa pemakai Suzuki GSX-R150 dan Yamaha Aerox beberapa hari lalu, mendapat tanggapan dari spesialis smart key dari Surabaya.

“Kami beberapa kali menangani kasus serupa pada mobil, yang memakai kunci pintar seperti keyless ini,” buka Sugondo dari CV Singlock.

CV Singlock ang tak hanya melayani pembuatan dan duplikasi kunci immobilizer dan smart key (termasuk keyless), tapi juga menjual komponen-komponennya, termasuk mesin scanner untuk memprogram microchip pada kepala kunci.

Menurut Sugondo, keyless ignition ini pada prinsipnya bekerja menggunakan sensor gelombang elektromagnet pada frekwensi tertentu.

(BACA JUGA: Awas Kunci Keyless Nge-Jam, Mesin Enggak Bakal Nyala dan Setang Tetap Terkunci)

“Jadi begitu berdekatan dengan pemancar radio, atau tower listrik yang memiliki frekwensi, sinyal atau gelombang kuat, maka sinyal yang dipancarkan remote keyless, ini bisa terputus atau terganggu,” buka Sugondo.

Untuk memastikan sumber kerusakan atau gangguan, Sugondo menyarankan sebaiknya dipastikan dulu.

Dicek  apakah baterai remote dan aki masih baik.

Kalau semuanya baik, baru kita dorong mobil atau motor itu keluar dari area itu.

Yang menarik, menurut Sugondo, pada mobil gangguan keyless nge-jam ini lebih jarang terjadi. “Karena teknologi ini sudah agak lama diterapkan pada mobil. Dan yang kedua, mobil lebih terlindungi karena lebih tertutup, sehingga gelombang dari luar tidak terlalu mengganggu. Tapi pada motor, aplikasi ini masih baru, dan lebih terbuka,” analisis Sugondo.

Sugondo yakin yakin bakal ada pengembangan-pengembangan, seperti misal, ada fitur peredam yang meminimalisir gangguan gelombang dari luar.

Sementara ini CV Singlock belum banyak menerima order duplikasi smart key untuk motor.

Sugondo

“Tapi untuk immobilizer yang banyak dipakai moge sportbike, kami sudah beberapa kali bikin duplikatnya,“ tutup Sugondo, yang terbuka untuk membantu pengendara motor dengan keyless ignition bermasalah. (www.motorplus-online.com)

CV Singlock
Jalan Kedungdoro No. 82A, Surabaya 60261
HP: 081 233 237 426
Email: singlockind@gmail.com
Website: singlockindonesia.com

Penulis : Indramawan
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.