Adu Kebut Ninja 2-Tak Vs 4-Tak

Aong - Kamis, 10 Agustus 2017 | 15:48 WIB

Pasti penasaran kan motor 2-tak diadu dengan 4-tak. Lebih cepat mana? Supaya fear mari kita adu yang semerek dan setipe. Sama-sama merek Kawasaki dan sama-sama tipe Ninja. Kawasaki Ninja 150RR 2-tak versus Kawasaki Ninja 250 RR Mono atau 250SL.

Lah kenapa diadunya dengan Ninja RR Mono? Karena sama-sama satu silinder. Tapi, kenapa juga kapasitasnya tidak sama-sama 150 cc? Ini ada teorinya bor. Bahwa performa mesin 2-tak setara 1,6 kali mesin 4-tak. Bisa dilihat di buku Motor Bakar Torak yang ditulis Wiranto Aris Munandar, mantan rektor ITB (Institut Teknologi Bandung).

Jadi, kalau mesin 2-tak 150 cc tinggal dikalikan 1,6 mesin 4-tak. Yaitu 150 cc x 1,6 = 240 cc, yang mendekati yaitu mesin 250 cc milik Kawasaki RR Mono dengan kapasitas bersih 249 cc. Sebandingkan?

(BACA JUGA :  Mengintip Performa Pengganti Ninja 2-Tak)

Alasan bisnisnya juga kuat. Karena Kawasaki Ninja RR Mono, oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memang ditargetkan untuk menggantikan Ninja 150RR. Jadi, cocok kalau diadu performa.

Apakah RR Mono bisa menggantikan 150RR?   

Supaya didapat hasil yang akurat, harus menggunakan satu tester.

Diharapkan memiliki cara berkendara yang sama. Juga bobot yang sama pula.

Sebagai alat ukurnya menggunakan Vericom VC3000 agar lebih akurat.

Supaya adil dan akurat, menggunakan motor yang sama-sama masih gres.

Source : MOTOR Plus
Penulis : Aong
Editor : Hendra




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.