Tanggapan Pihak Suzuki Tentang Keyless GSX-R150 Ngejam

Indramawan - Kamis, 10 Agustus 2017 | 14:27 WIB

Artikel sebelumnya Awas Kunci Keyless Nge-Jam, Mesin Enggak Bakal Nyala dan Setang Tetap Terkunci, keyless nge-jam yang terjadi pada beberapa pemakai Suzuki GSX-R150 (dan juga Yamaha Aerox) mendapat tanggapan dari pihak Suzuki Indrapura, Surabaya.

Supriyono dari bagian teknikal mengatakan, sebelumnya memang ada informasi dari pihak Suzuki Motor Corporation (SMC) Jepang, bahwa sinyal keyless ini bisa terkena gangguan atau nge-jam seperti kasus yang diinfokan tadi.

“Sinyal yang dipancarkan remote tidak bisa ditangkap oleh receiver pada kotak (main switch knob), karena ada gangguan gelombang radio atau elektromagnetik. Cuma masalahnya, kita nggak tahu di area mana ada gelombang radio atau elektromagnetik yang sangat besar, sehingga berpotensi mengacaukan sinyal yang dikirimkan remote keyless tadi. Tapi kalau pakai alat khusus, kita bisa deteksi,” buka Supriyono.

Bahkan menurut Supriyono, orang yang pakai alat bantu, seperti alat bantu pendengaran atau pacu jantung, mereka disarankan tidak berdekatan dengan remote keyless karena bisa menggangu kerja alat bantu yang dipakainya.

(BACA JUGA: Waspada Ciri Area yang Bisa Bikin Keyless Tidak Berfungsi)

“Jadi disarankan konsultasi dengan dokter dulu. Sebab walaupun motor sudah nyala, remote ini tetap memancarkan sinyal. Karena itu, dikhawatirkan jika tiba-tiba alat bantu tadi terganggu,” lanjut Supriyono.

Selain itu, ketika ada 2 orang pengendara GSX-R150 yang saling berdekatan dan sama-sama menyalakan remote, kemungkinan juga akan muncul trouble.

“Jadi harus gantian. Selain itu, remote juga harus didekatkan ke motor untuk meng-on-kan atau meng-off-kan,” kata pria ramah yang beberapa kali dilibatkan dalam investigasi kasus-kasus kerusakan oleh pihak SMC Jepang.

“Dari sini pula kita bisa tahu bahwa sinyal yang dikirimkan remote ini sangat lemah. Ya, supaya tidak menggangu yang lain. Jadi wajar kalau ada gelombang radio atau elektromagnetik yang sangat besar, sinyal remote ini akan terganggu,” simpul Supriyono.

Untuk sementara ini, memang belum ada solusi bagi pengendara GSX-R150 yang apes mengalami keyless nge-jam ini.

Penulis : Indramawan
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.