Deteksi Mesin Yamaha NMAX Enggak Bisa Starter di Pagi Hari

Panji - Jumat, 8 September 2017 | 16:27 WIB

Yamaha NMAX milik salah satu crew MOTOR Plus pernah ogah distarter saat pagi hari.

Padahal, malamnya fine-fine aja loh, alias tidak terjadi gejala mencurigakan.

Kondisi saat itu, layar LCD berfungsi normal dan klakson bisa menyalak kencang.

Tapi, waktu paginya tombol starter ditekan, tidak terdengar dinamo starter berputar. Nah, kalau nemu kejadian seperti ini, jangan panik dulu bro! Jangan dulu menuding aki dah tekor.

(BACA JUGA: Dovizioso Sarankan Ducati Memberikan Motor Berbeda Untuk Lorenzo)

“Bisa juga disebabkan oleh kotoran yang menempel di switch stand. Sehingga, sensor tidak bisa membaca dengan baik kala standar samping dinaikan,” bilang Muhammad Abidin, GM Aftersales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Bila kendalanya memang seperti itu, cukup bersihkan switch standnya menggunakan kain lap, sampai kotorannya benar-benar minggat.

Tapi bila cara ini sudah ditempuh dan masih belum mau nyala, baru deh cek sekring yang terdapat di bawah jok, di kotak dekat aki.

Sobat kudu buka dulu cover penutup akinya menggunakan obeng plus (+).

“Mungkin saja sekring putus disebabkan adanya konsleting, atau karena beban kelistrikan yang berlebihan. Bisa juga kerena sekring tidak tersambung dengan baik,” tambah Abidin.

Penulis : Panji
Editor : Niko Fiandri

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular