Ugal-ugalan di Jalan Raya, Siap-siap Terekam CCTV dan Bayar Denda

Ahmad Ridho - Kamis, 5 Oktober 2017 | 13:24 WIB

MOTOR Plus - Rencana Polda Metro Jaya menerapkan aturan baru berupa CCTV dan e-Tilang mulai di sosialisasikan.Khusus untuk pengendara yang ugal-ugalan, waspada terekam CCTV dan denda menanti.

CCTV dengan pengeras suara sudah di sosialisasikan di 14 titik di wilayah Ibukota.
Tapi, Polda Metro Jaya mengakui untuk sampai ke tahap penindakan atau penilangan, masih memerlukan waktu.

Prosesnya pun harus dilakukan secara bertahap.
"Perlu proses, terutama untuk penegakan hukum yang bersifat represif non yustisial (teguran).
Begitu CCTV sudah valid semua langsung dapat dilaksanakan," ucap AKBP Budiyanto, Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas PMJ, Selasa (3/10/2017).

Agar CCTV dengan pengeras suara dapat digunakan dalam pengawasan lalu lintas yakni, CCTV perlu dikalibrasi untuk memastikan validitasnya.
Selain itu tidak menutup adanya persiapan khusus bagi sumber daya manusia atau petugas kepolisian.

Kordinasi dengan bagian CJS (Criminal Justice System) atau sistem peradilan Pidana untuk memaksimalkan hasil. Selain itu perlu dibuat Standar Operating Procedure (SOP) khusus untuk pelaksanaannya.

Di sisi lain persiapan juga diberlakukan pada data kendaraan bermotor mulai dari surat-surat dan nomor sesuai dengan kepemilikan. Terakhir perlu adanya tahapan mulai dari sosialisasi, uji coba dan penerapan secara efektif. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Ahmad Ridho
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.