Ada Kode JASO di Kemasan Botol Oli, Artinya Apa Sih? Nih Penjelasannya

Arseen - Kamis, 2 November 2017 | 09:48 WIB
Fadhliansyah
Kode JASO di kemasan oli

Motorplus.gridoto.com - Kemasan botol oli terdapat macam-macam kode.

Mulai dari tulisan merek oli tersebut, volume oli, bahkan sampai istilah-istilah yang mungkin asing bagi orang awam.

Salah satunya adalah tulisan JASO MB atau JASO MA. Apa artinya ya?.

"JASO adalah salah satu sertifikat kualitas oli yang dipakai secara Internasional," kata Agung Prabowo selaku Technical Specialist PT. Pertamina Lubricants.

(Baca juga: Melanggar Marka YJB Siap-siap Bikers Kena Denda Yang Nilainya Bikin Melongo)

"Lebih rinci, JASO atau Japanese Automotive Standart Association adalah lembaga di Jepang yang mengecek dan menguji kualitas oli untuk kendaraan di negaranya, hal ini dilakukan karena karakteristik mesin dan kendaraan buatan Eropa dan kendaraan buatan Jepang berbeda," tambah Agung.

Perbedaannya menurut Agung adalah motor-motor buatan Jepang umumnya menggunakan kopling basah, sedang motor Eropa menggunakan sistem kopling kering yang artinya tidak terendam oli sehingga kendaraan buatan Eropa cukup menganut sertifikasi API.

Khusus untuk pasar Jepang selain sertifikasi API juga wajib memiliki sertifikat JASO, JASO MA untuk motor dengan kopling basah dan JASO MB untuk motor dengan kopling kering seperti motor skutik.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.