Disc Depan Suzuki Satria F-150 Bisa Diaplikasi ke GSX-R150, Begini Caranya Pasangnya

Arseen - Senin, 20 November 2017 | 05:00 WIB
Yudi

MOTOR Plus-online.com - Layaknya memiliki saudara kembar, generasi Suzuki Satria F-150 dan GSX-R150 punya banyak persamaan part yang bisa saling tukar.

Salah satunya front disc milik Hyperunderbone F-150 yang berbentuk bulat utuh ini, ternyata bisa dengan mudah nemplok di sport pekgo cc andalan Suzuki.

Dengan tipe yang sama yaitu giga disc.

Bagi Candra Arya yang sering ikuti latihan alias free practice di Sentul, Jawa Barat, pemakaian cakram besar buat menghentikan laju pacuannya sangat pengaruh.

(Baca juga: Alex Marquez Tes Motor MotoGP di Tim Marc VDS Honda, Kode Keras Bakal Naik Kelas?)

“Meskipun bukan model floating, tapi diameter yang dimiliki sama-sama 290 mm antara Satria F-150 dan GSX-R150. Perbedaan spesifiknya hanya bentuk kembangan cakram GSX-R150 yang memiliki gerigi. Secara logika, permukaan cakram lebar yang tanpa gerigi alias rata, otomatis kampas rem mendekap disc lebih banyak, sehingga lebih bagus untuk pengereman. Namun, cakram bergerigi terlihat lebih sporty dan tentunya lebih cepat membuang panas,” ujar Bang Uban, panggilan akrabnya.

Enaknya lagi, posisi baut disc di pelek lubangnya juga sama persis, enggak perlu mengubah sama sekali.

Terlebih adaptor kaliper juga masih bisa dipakai milik GSX-R150. Cukup tebus front disc original seharga hampir Rp 300 ribu, kemudian bongkar-pasang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Mari kita mainkan.

(Baca juga: Dua Pembalap Indonesia yang Pernah Naik Podium di Salah Satu Sirkuit Paling Berbahaya di Dunia)

“Lepas roda depan lebih dulu dengan kunci sok 17 mm buat mur, dan tahan kepala baut pakai kunci ring 14 mm. Kemudian kendorkan dan lepaskan 5 baut L6 yang mengikat giga disc tersebut. Hati-hati saat membuka baut ini, jangan langsung dilepas. Tapi, kendorin secara menyilang dan perlahan-lahan. Pasang cakram ep-yu dengan urutan kebalikannya,” jelas Juragan Bubble Ice Keraton Solo.

Cakep deh!

Penulis : Arseen
Editor : Arseen

Video Pilihan


YANG LAINNYA

TERPOPULER +

Tag Popular