Tips Pasang Rasio Yamaha Aerox 155 ke NMAX, Bikin Senyap Area CVT

Arseen - Senin, 20 November 2017 | 05:30 WIB
Indra

MOTOR Plus-online.com - Untuk meningkatkan performa Yamaha NMAX tanpa mengoprek-oprek mesin, biasanya mengganti rasio girbox menggunakan kepunyaan Aerox 155 VVA.

Tapi, jangan asal pasang ya, mending perhatikan dulu nih hal-hal berikut.

“Memang dengan mengganti satu part ini saja, akselerasinya meningkat jauh dibandingkan standarnya. Meski begitu, minusnya top speed jadi berkurang 5 – 10 km/jam. Jika rasio standarnya NMAX punya perbandingan 12/35 mata (2,92), kepunyaan Aerox 155 13/40 mata (3,07),” beber Toga Fantiarso, owner dari bengkel Gas Motor.

Antara gir rasio NMAX dan Aerox 155, berbeda di ketebalannya.

(Baca juga: Alex Marquez Tes Motor MotoGP di Tim Marc VDS Honda, Kode Keras Bakal Naik Kelas?)

“Gir rasio Aerox 155 lebih tebal 3 mm dibanding NMAX. Makanya, transmisi Aerox bisa lebih senyap dibandingkan kepunyaan NMAX. Nah, untuk digunakan di NMAX, bagian ini lah yang harus disesuaikan,” lanjut ayah tiga orang anak ini.

“Biasanya hanya membubut ketebalan di posisi lubang as-nya sekitar 3 mm. Supaya posisi giginya bisa lebih masuk ke dalam dan clip penguncinya terpasang. Cara ini rentan mentok ke crankcase jika pemasangan gir rasio tersebut terbalik,” tambah pria yang ngebengkel di Graha Isco, Jl. Raya Sawangan No. 34D, Mampang, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat.

Sebenarnya, lebih mudah jika dibubut semua tebal rasio gir tersebut.

Karena tidak perlu memikirkan pemasangan gir harus menghadap kemana.

“Namun, itu mengurangi nilai plus rasio Aerox 155 yang lebih senyap karena punya tapak gir yang lebih lebar,” beber Toga yang asik diajak diskusi di 0812-9699-0700.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen

Video Pilihan


YANG LAINNYA

TERPOPULER +

Tag Popular