Mantap! SIM Indonesia Akan Berlaku di Seluruh Negara ASEAN

Ahmad Ridho - Senin, 20 November 2017 | 19:50 WIB
Motor Plus
SIM Indonesia akan berlaku di Negara ASEAN.

MOTOR Plus-online.com - Sebanyak 10 negara di wilayah Asia Tenggara sepakat untuk memberlakukan surat izin mengemudi (SIM) bersama.

Hal ini disepakati dalam forum International ASEAN Traffic Police Forum (ATPF) 2017 di Nusa Dua, Bali, pada Jumat (17/11/2017).

Forum ini membahas sejumlah program unggulan di bidang lalu lintas ASEAN. Salah satunya yaitu mendorong upaya penerbitan SIM bersama.

(BACA JUGA: Belum Banyak yang Tahu, Ini Dia 8 Merek Wearpack yang Dipakai Pembalap MotoGP)

"Saat ini telah lahir sembilan program unggulan, salah satunya adalah pemberlakuan SIM ASEAN," kata Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa di Ballroom Samudra Hotel Ayodya, Nusa Dua.

Secara prinsip, semua mempunyai semangat yang sama. Namun, secara teknis dan peraturan, tentu perlu digodok lebih lanjut.

"Pada prinsipnya sepakat, tapi teknisnya kan harus dibicarakan lebih lanjut," ujar Royke.

(BACA JUGA: Terungkap! Ini Harapan Cal Crutchlow untuk Honda RC213V Spek 2018)

Dia menyebutkan, keinginan para delegasi yang hadir di ATPF itu untuk membuat SIM ASEAN cukup besar, tetapi terkendala dengan model pengaplikasiannya.

Diperlukan kesamaan persepsi model peraturan SIM antar-negara.

Dia mencontohkan, di Indonesia posisi setir kendaraan roda empat ada di kanan, tetapi di ASEAN ada pula yang posisi setir di sisi kiri.

(BACA JUGA: Simak! Ini Komentar Inuk Blazer soal Kisruh KNC Lampung VS Kapolresta Bengkulu)

Demikian halnya dengan rambu-rambu, tidak seragam. Kendala-kendala seperti inilah yang akan terus dicarikan solusi.

"Memang masih ada kendala ya, ada negara setirnya di kanan, tapi ada juga yang di kiri. Demikian juga dengan rambu-rambunya.

Makanya kami terus berupaya menemukan solusi," ujar Royke.


Berita ini sudah tayang di Warta Kota dengan judul: http://wartakota.tribunnews.com/2017/11/17/bakal-ada-sim-bersama-yang-berlaku-di-semua-negara-asean

Penulis : Ahmad Ridho
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.