Bikin Enteng Kabel Kopling Suzuki Suzuki GSX-R150, Pakai Punya Honda

Arseen - Senin, 27 November 2017 | 05:15 WIB
Maleha

MOTOR Plus-online.com - Candra Arya pemilik Suzuki GSX-R150 asal Karawaci Baru, Tangerang, mengalami putus kabel kopling.

Padahal baru jalan beberapa ribu kilometer. Sebelum putus, tidak ada gejala seret atau abnormal lainnya.

Eh, tiba-tiba kabel kopling putus dari pangkalnya alias cantolan di rumah handel.

Usul punya selidik, putusnya kabel kopling bisa jadi karena doi sudah upgrade per kopling dengan spek lebih keras.

(Baca juga: Penting! Perlunya Adaptasi Setelah Masang Piringan Rem Cakram Lebar)

Sehingga, tingkat stress yang terjadi di kabel kopling lebih besar. Saat mau ganti kabel kopling ini, eh ternyata sama dengan kabel kopling milik Honda Verza 150.

“Tapi kabel kopling Verza, punya dimensi lebih panjang dari standarnya GSX-R150, kira-kira selisihnya ada 10 centimeteran. Keuntungan yang didapat jika kabel lebih panjang secara tidak langsung proses tangan kiri memainnkan tuas kopling jadi enteng,” urai Candra.

Harga kabel kopling Verza ini, memang lebih mahal dibanding original GSX-R150.

“Ini karena lagi deket bengkel dan kebetulan adanya kabel kopling punya Verza, jadi terpaksa ganti. Padahal kalau yang original, harganya di bawah Rp 50 ribuan. Tips ini buat bro yang putus kabel koping di jalan,” ucapnya.

(Baca juga: Meletakan Air Minum di Motor Sangat Berbahaya! Ini Penyebabnya..)

Pria pebisnis minuman ringan aneka rasa ini, juga kasih cara pasangnya.

“Kudu mengubah jalur kabelnya. Selongsong besi kabel kopling atas Verza 150 bentuknya lebih landai. Jalur kabel harus melewati sebelah kanan segitiga atas. Langsung ditarik lurus di belakang radiator terus ke bawah menuju holder bawahnya,” katanya.

Ada tambahan 2 ring plat tipis di holder pemegang bawah kabel kopling, berfungsi sebagai setelan penahan selongsong bawah yang memiliki ulir.  

Tinggal kaitkan ujung bawah kabel kopling ke tuas yang tersedia, jangan lupa atur jarak main bebasnya ya.

“Meskipun masih pakai per kopling aftermarket, tuas kopling tetep ringan saat dimainkan,” tambah Juragan Bubble Ice Keraton Solo ini.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular