Bukan Hoax! di Malam Hari Isi BBM Bisa Lebih Hemat, Nih Penjelasannya..

Arseen - Senin, 8 Januari 2018 | 15:10 WIB
Stefanus Yoga
Ilustrasi mengisi bahan bakar (BBM).

MOTOR Plus-online.com - Bikers yang tiap hari beraktivitas dengan kendaraan bermotor, ada tips yang bisa bikin lebih hemat dalam pengeluaran uang BBM.

Coba diingat, selama ini sering mengisi BBM malam atau siang hari? Kalau kamu lebih sering isi bensin di siang hari, mulai sekarang kamu boleh mencoba mengubah kebiasaan kamu ini.

Salah satu sifat bahan bakar minyak (BBM) adalah memuai dan menguap jika suhunya bertambah.

Proses ini juga mungkin terjadi saat bensin sudah berada di tangki bensin motor kamu.

(Baca juga: Heboh! Trans 7 Siap Tayangkan Film Mengenang Almarhum Denis Kancil)

Menurut penjelasan peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Ing. Ir. Tri Yuswidjajanto Zaenuri, hal ini ternyata berpengaruh lho dalam pembelian ritel BBM.

Kondisi BBM di tangki stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) ketika kondisi cuaca sedang panas terik, bisa memuai dan menguap.

Karenanya, saat BBM disalurkan di kendaraan kamu, jumlah liter yang tertera pada dispenser bisa jadi lebih besar dan jadi tidak sesuai dengan massanya.

Itu artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar lebih banyak.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.