5 Ubahan Wajib di Motor Trail Sebelum Masuk Tanah!

Mohammad Nurul Hidayah - Kamis, 11 Januari 2018 | 09:29 WIB
Instagram/supermotoig
Ilustrasi menggunakan motor trail

MOTOR Plus-online.com - Meski bentuk trail sudah dual purpose, terkadang masih belum maksimal untuk diajak masuk jalur tanah yang ekstrem.

Terutama trail 150 cc yang banyak dijual di Indonesia.

Umumnya pabrikan masih menset motornya agar tetap nyaman digunakan di jalan raya, makanya belum maksimal juga jika diajak main tanah.

Jadi, perlu tambahan dan ubahan beberapa komponen agar siap diajak off-road. Lantas apa saja komponen yang perlu ditambah dan diubah ?

"Komponen pertama yang harus diganti adalah ban. Ban pakai khusus off-road dan memakai ukuran pelek belakang 18 inci dan pelek depan 21 inci," ujar Asep Supriadi, Mekanik Robby Steam, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, kepada GridOto.com (10/1).

(BACA JUGA: Wuih! Cewek Cantik Ini Jago Banget Turunin Motor Trail dari Mobil Pick Up, Simak Videonya)

Penggantian pelek bertujuan agar motor lebih tinggi, sehingga layak menghindari benturan mesin dengan batu, akar pohon atau bisa untuk menghindari genangan air.

"Komponen yang wajib dipasang selanjutnya adalah stopper, yang dipasang di dalam pelek," lanjut Asep.

Stopper atau rim lock berfungsi untuk mengunci pelek dengan ban dalam dan ban luar.





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.