Apa Beda Footstep & Forward Control?

Arseen - Jumat, 19 Januari 2018 | 05:00 WIB
Indramawan

MOTOR Plus-online.com - Pada kebanyakan motor, posisi kaki pengendara biasanya ada di bawah pinggang, dengan posisi kaki menekuk bertumpu pada footstep.

Tapi untuk motor spek turing atau cruiser, juga chopper, atau motor-motor yang dimodifikasi supaya nyaman untuk perjalanan jauh dan alasan estetika, pijakan kaki berikut pedal rem dan persneling digantikan dengan perangkat yang disebut forward controls.

Sesuai namanya, perangkat ini dipasang jauh ke depan, sehingga pengontrolan rem dan persneling bisa dilakukan dengan posisi kaki selonjor.

Karena itu biasanya, forward controls yang benar itu bersifat adjustable, atau bisa diatur sesuai postur pengendara dan ergonomi yang nyaman.

(BACA JUGA: Milih Honda CBR250RR atau Kawasaki Ninja 250 terbaru? Nih Skema Harganya)

Di Indonesia, forward controls juga banyak diaplikasi pada skutik, meskipun fungsinya hanya sebagai selonjoran pijakan kaki saja, dan menghindarkan floor-deck dari kemungkinan baret.

Karena itu, di pasaran lebih dikenal dengan sebutan footstep.

Selain itu, beberapa motor yang beredar di Indonesia juga sudah memakai forward controls.

Terutama motor-motor premium spek cruiser.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.